Launching Program SMART, Ketua Jurusan PMI Bersama SC Al-Nidaa’ Siap Tuntaskan Buta Aksara Al-Qur’an di Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Study Club (SC) Al-Nida’ sukses gelar launching program Study Membaca Al-Qur’an Intensif (SMART), bekerjasama dengan jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Rabu (15/03/23). Launching SMART yang merupakan rangkaian acara dari kegiatan Teknik Kepemanduan Pelatihan Pengembangan Masyarakat Islam ini digelar di Lecture Theater (LT) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar dipenuhi oleh 80 Mahasiswa/i peserta yang berasal dari jurusan PMI.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dr. Firdaus Muhammad, M. Ag. Juga hadir Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi selaku Pembina SC Al-Nida’ Prof. Dr. H. Hasaruddin, M. Ag. Serta KANDEPAG wilayah Maros Dr. H. Muhammad, S.Ag., M.Ag. Hadir Ketua Umum SC Al-Nida’ Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Moh. Firmansyah Putra dalam penyampaiannya menegaskan bahwa sinergitas dan persatuan pada pergerakan dakwah merupakan salah satu aspek pendukung utama. Terutama di lingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi, dan program SMART merupakan buah dari sinergitas serta persatuan tersebut. “Sinergitas dan persatuan dalam dakwah, merupakan salah satu hal terpenting dalam pergerakan dakwah terkhusus di Fakultas kita tercinta, Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Semoga melalui wasilah program SMART ini, sinergitas dan persatuan antara Lembaga Dakwah SC Al-Nida’ dan jurusan PMI semakin terjalin dengan baik, juga misi untuk mengentaskan buta aksara Qur’an di Fakultas kita bisa terwujud,” ujar mahasiswa jurusan Komunikasi Penyiaran Islam.

Pada sambutannya, Ketua Jurusan sekaligus Pembina SC Al-Nida’ Prof. Dr. H. Hasaruddin, M. Ag menyampaikan bahwa kegiatan Teknik Kepemanduan Pelatihan Pengembangan Masyarakat Islam ini, dirangkaikan dengan launching program SMART yang merupakan usaha bersama untuk pengentasan buta aksara Qur’an di lingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi oleh Jurusan PMI dengan Lembaga Dakwah SC Al-Nida’ Fakultas Dakwah dan Komunikasi. “Kegiatan Teknik Kepemanduan Pelatihan Pengembangan Masyarakat Islam ini, juga dirangkaikan dengan Launching Program SMART oleh Lembaga Dakwah Fakultas SC Al-Nida’, sebagai salah satu program pembinaan dan pengentasan misi Buta Aksara Qur’an di Fakultas kita. Dan juga kami menyampaikan bahwa ini merupakan kegiatan yang wajib untuk di ikuti oleh seluruh Mahasiswa/i di Fakultas Dakwah dan Komunikasi khususnya Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam,” tegasnya.

Guru besar dalam Bidang Ilmu Studi Islam dan Bidang Ilmu Evaluasi Pendidikan UIN Alauddin Makassar ini juga menambahkan, bahwa beliau menaruh harapan besar pada Study Club (SC) Al-Nida’ sebagai salah satu Lembaga yang diakui eksistensinya untuk bisa memberikan manfaat dan menuntaskan Buta Aksara Qur’an Mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. “Kegiatan ini merupakan sebuah program yang baik oleh anak-anak kita di Lembaga Dakwah dalam mengentaskan buta aksara Qur’an di lingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Semoga hal ini dapat menjadi pemantik bagi seluruh jurusan yang ada di Fakultas Dakwah, untuk kemudian bersinergi dengan SC Al-Nida’. Bahkan nantinya berharap mampu menyentuh semua mahasiswa di UIN Alauddin Makassar. Dan juga dengan hadirnya bapak KANDEPAG pada Launching hari ini, dapat bersinergi dengan SC Al-Nida’ dalam ekspansinya bahkan sampai ke wilayah maros,” harapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa semoga dengan diadakannya program SMART di jurusan (PMI) ini, dapat menjadi contoh dan juga di ikuti oleh semua jurusan yang ada di Fakultas Dakwah dan Komunikasi melalui sinergi bersama dengan SC Al-Nida’. Di akhir kegiatan, dilakukan prosesi penandatanganan MOU oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Ketua Jurusan PMI sekaligus Pembina SC Al-Nida’, serta Ketua Umum SC Al-Nida’ sebagai bentuk sinergi dan Kerjasama yang resmi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi. (Wahyuni/Red)