SMA Muhi Yogyakarta Siap Gelar Mubaligh Hijrah Ramadhan 1444 H Di Wonosobo Jawa Tengah

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Sabtu, 25 Februari 2023 mengadakan kegiatan pembekalan Mubaligh Hijrah (MH) Ramadhan 1444 H. Kegiatan ini diikuti 86 peserta didik kelas X dan XI yang telah lolos seleksi MH. Acara pembekalan ini dilaksanakan di ruang multimedia mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB. Sebanyak 86 peserta pembekalan MH pada Senin – Selasa, 20-21 Februari 2023 telah mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus tes internal MH.

Adapun materi seleksinya adalah wawancara, membaca Al Qur’an, wudhu, dan tayamum. Nantinya 55 peserta MH akan ditempatkan di Kecamatan Kalikajar Wonosobo Jawa Tengah selama 10 hari mulai Rabu, 22 Maret 2023 – Sabtu, 1 April 2023. Kegiatan MH di Wonosobo ini merupakan Kerjasama antara SMA Muhi Yogyakarta dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kalikajar, Wonosobo. Sedangkan 31 peserta MH sisanya akan ditempatkan di masjid-masjid sekitar sekolah.

Kegiatan pembekalan MH ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya dipimpin oleh Ananda Salsabila. Kegiatan dilanjutkan dengan materi pertama tentang Sosialisasi dan Penguatan Akhlak Bermasyarakat oleh Ustadz Sulistiono Shalladdin Albany. Ustadz Sulistiono memberikan tips dan trik bagi peserta MH untuk bisa bersosialisasi dan membaur dengan masyarakat. Materi ini penting karena selama 10 hari peserta akan membaur dan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan di masyarakat.

Adapun tema Materi kedua tentang Manajemen Pengajaran Iqro’ oleh Ustadz M. Puji Kurniawan, S.Sos.I., M.Si. para peserta diberikan bekal untuk bisa mengajar Iqro’ untuk anak-anak TPA di pedesaan. Setelah materi kedua selesai, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat sejenak. Pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan materi ketiga yaitu Fiqih Ibadah oleh Ustadz Hanan Waskita, B.A. Para peserta dibekali dengan tuntunan ibadah sesuai dengan tuntunan ibadah warga Muhammadiyah. Diharapkan setelah materi ini seluruh peserta bisa menjalankan ibadah sesuai tuntunan Muhammadiyah. Hal ini penting karena mereka akan diterjunkan di lingkungan masyarakat Muhammadiyah.

Setelah 3 pemateri selesai, kegiatan dilanjutkan dengan materi praktik imam sholat, kultum, dan mengajar TPA. Pada kesempatan ini peserta mulai dibagi beberapa kelompok kecil. Masing-masing kelompok memiliki guru pembimbing. Setelah Sholat Dzuhur dan makan siang para peserta kembali berkumpul di kelompoknya. Kegiatan dengan gambaran teknis kegiatan dan lokasi MH 1444 H. Setelah gambaran dinilai cukup, para peserta kemudian diberikan kebebasan untuk merancang program kerja dan kegiatan. Rancangan program kerja tersebut akan terus disempurnakan sampai menjelang pemberangkatan kegiatan MH pada Rabu, 22 Maret 2023.

Menurut kepala SMA Muhi Drs H Herynugroho, M.Pd kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan unggulan SMA Muhi Jogja yang dilaksanakan pada setiap bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih siswa dalam melaksanakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar, melatih siswa untuk menjadi kader persyarikatan Muhammadiyah yang unggul dan menjalin ukhuwah Islamiyah dengan masyarakat sebagai salah satu bekal ketrampilan di abad 21. “ Ada 6 kecakapan abad ke-21 yang disebut dengan istilah 6C, yakni character (karakter), citizenship (kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Semoga kegiatan MH 1444 H ini bisa berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang berharga bagi peserta didik” pungkas beliau. Kegiatan pembekalan ini ditutup pukul 14.00 WIB dengan doa Bersama. (Yusron / Red)