Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah Dibuka Oleh Jokowi, Lemparkan Candaan ke Cak Nanto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melempar candaan saat membuka Muktamar ke-18 Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan. Jokowi mengaku baru tahu Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto atau Cak Nanto mempunyai darah dari Solo. “Yang saya hormati Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Bapak Sunanto, Cak Nanto. Saya baru tahu Cak Nanto ternyata ada baunya Madura tapi ada bau Solonya juga,” kata Jokowi seperti ditayangkan di akun YouTube Setpres, Rabu (22/2/2023). Jokowi bergurau soal kebenaran Cak Nanto mempunyai silsilah keturunan dari Solo. Sebab, kata Jokowi, banyak orang yang mengaku berasal dari Solo saat bertemu dengannya.

Dalam acara muktamar itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah hadir. Haedar menyebut Jokowi sangat memberi perhatian bagi angkatan muda Muhammadiyah. “Kami menghaturkan kepada Pak Presiden bersama seluruh anggota kabinet Inonesia yang menaruh perhatian begitu rupa kepada angkatan muda Muhammadiyah khususnya Pemuda muhammadiyah pada hari ini,“ kata Haedar seperti ditayangkan di akun YouTube TvMu.

Haedar menyebut Jokowi termasuk presiden yang paling sering menghadiri acara Muhammadiyah. “Pak Presiden termasuk presiden yang paling sering menghadiri acara Muhammadiyah dan berkunjung ke Menteng Raya 62. Maka kami haturkan terima kasih dan apresiasinya juga luar biasa,” ujar Haedar. (Red)