Lazis Muhamadiyah Bantu Sediakan Sumur Air Penyintas Gempa Turki

Kehadiran Muhammadiyah dalam membantu warga terdampak gempa di Turki terus mendapatkan apresiasi. Kali ini apresiasi berasal dari Duta Besar Indonesia untuk Turki, Dr. Lalu Muhammad Iqbal. Melalui melalui kanal youtube MDMC https://www.youtube.com/@MDMCIndonesia pujian dilontarkan kepada EMT (Emergency Medical Team) Muhammadiyah yang tergabung dalam INA-EMT (Indonesian Emergency Medical Team). “Saya Duta Besar Republik Indonesia di Ankara sangat bangga Muhammadiyah bahwa bisa ikut hadir dan menjadi komponen utama dari EMT Indonesia di sini. EMT Muhammadiyah menunjukkan solidaritas kepada saudara-saudara bangsa Turki yang sekarang ini sedang menghadapi cobaan gempa bumi yang korbannya begitu banyak,” puji Lalu Muhammad Iqbal.

Kehadiran EMT Muhammadiyah di Turki, menurut Lalu Muhammad Iqbal, mendapatkan sambutan yang baik oleh masyarakat. Hal ini terlihat jelas saat mendirikan Rumah Sakit Lapangan Indonesia (RSLI). Masyarakat hingga pemerintah setempat ikut serta bergotong-royong dalam proses pendirian RSLI sampai beroperasi. “Kemarin pada saat kita membangun rumah sakit lapangan ini hampir semua masyarakat lokal, pemerintah daerah, semua mengulurkan tangan untuk ikut mewujudkan rumah sakit ini agar segera berfungsi. Terimakasih Muhammadiyah, mudah-mudahan apa yang diberikan oleh umat kemudian diterima oleh umat juga di Turki. Mudah-mudahan ini menjadi sesuatu yang bermanfaat dan berkah,” ujar Lalu Muhammad Iqbal.

Selain pendirian RSLI, EMT Muhammadiyah dengan dukungan Lazismu juga berhasil membuat sumur air untuk para penyintas pada Jumat (17/02). Tri Julia Wulandari, relawan Kantor Layanan (KL) Lazismu Pimpinan Cabang Istimewa (PCIM) Turki menuturkan, gempa yang terjadi beberapa waktu lalu mengakibatkan fasilitas air bersih menjadi rusak.

Sumber air pun sudah tidak bisa dipergunakan lagi. “Jadi tim relawan Indonesia membuatkan sumber mata air,” terangnya. Julia melanjutkan, hampir 75 persen tempat tinggal warga rata dengan tanah. Saat ini mereka ditempatkan di tenda-tenda pengungsian. Sebelum dibuatkan sumur, warga sekitar mendapatkan air dari sumbangan warga lain. Dengan adanya sumur tersebut, warga kini tak lagi kesulitan untuk beraktivitas. “Kemaren ada sekitar 140 orang yang datang untuk mendapatkan air. Air sumurnya juga bisa ditampung,” pungkasnya. Mari salurkan infak terbaik untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak gempa bumi di Turki melalui:

BSI 9153 944 400
BCA 8780 171 171
Mandiri 1230 099 008 999
Muamalat 3250 191 211
Mega Syariah 1000 014 800

Rekening atas nama Lazis Muhammadiyah, sertakan Kode Unik “010” pada 3 digit terakhir nominal infak, misal Rp. 50.010,-. Konfirmasi dapat malalui SMS/Whatsapp ke nomor 0856 1626 222. (Julia/Red)