Asah Minat Bakat Siswa, BEM FEB Universitas Muhammadiyah Purwokerto Gelar Dekan Cup 2023

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (BEM FEB) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar pelaksanaan Dekan Cup 2023 yang bertajuk “Olahraga Dados Satunggaling Filosofi Kangge Jiwa Enem Ingkang Kiyat”. Kegiatan Dekan Cup diawali dengan Opening Ceremony di hari pertama pada Rabu, (8/2/2023) lalu. Secara simbolis acara dibuka dengan aksi penendangan bola ke gawang oleh Assoc. Prof. Dr. Naelati Tubastuvi, S.E, M.Si selaku Dekan FEB UMP yang bertempat di lapangan Mas Mansoer Kampus I UMP. Sedikitnya 16 tim dari kalangan pelajar SLTA turut berkompetisi dalam cabang olahraga sepak bola yang berlangsung Rabu hingga Sabtu (8-11/2/2023). Meraka berasal dari beragam daerah. Diantaranya Banjarnegara, Purbalinga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen.

Dalam kesempatan itu, Naelati Tubastuvi menyampaikan dukungan dan harapan atas terselenggaranya kegiatan positif tersebut. “Dari fakultas tentu sangat support kegiatan Dekan Cup karena ini menjadi bagian dari kontribusi kita dalam meningkatkan prestasi olahraga di Banyumas dan sekitar. Melalui kegiatan ini semoga kita bisa memperoleh bibit-bibit unggul dari bidang olahraga,” jelasnya saat dihubungi di Purwokerto, Rabu (22/2/2023). Sementara itu, Felix Dwi Arwensa selaku ketua pelaksana Dekan Cup mengatakan bahwa gelaran tersebut merupakan salah satu program kerja dari BEM FEB UMP yang dilaksanakan secara rutin dari tahun ke tahun. “Tahun ini dikhususkan untuk pihak eksternal, supaya dapat mengasah minat dan bakat serta meningkatkan sportifitas siswa sebarlingmascakeb. Adapun tema kali ini menggunakan bahasa Jawa, tidak lain juga untuk melestarikan budaya Jawa,“ katanya.

Dalam cabor sepak bola, MAN 2 Banjarnegara berhasil keluar sebagai juara pertama. Sedangkan posisi kedua yakni SMK Ma’arif NU Ajibarang. Disusul oleh SMA PGRI Banjarnegara tim A (Merah) berada di peringkat ketiga. Ada pula kategori Best Player didapatkan oleh Zola Tirta Saputra dari MAN 2 Banjarnegara serta kategori Top Socre diraih Renafi Septian Prakoso dari SMA PGRI Banjarnegara tim A (Merah). Kegiatan Dekan Cup FEB UMP 2023 juga berlanjut di pekan berikutnya, yakni Sabtu-Minggu (18-19/2/2023) untuk mempertandingkan cabang olahraga e-sport. (zah/red)