PCNA Tempel Adakan
Pashmina Goes to School

Ratusan siswa SMK Muhammadiyah di cabang Tempel mengikuti kegiatan PASHMINA Goes to School pada Ahad, 11 Desember 2022 di Aula Darul Ulum Muhammadiyah Tempel yang diadakan oleh PCNA Tempel. Selain siswa dari sekolah, turut hadir remaja utusan ranting, Panti Asuhan Baitul Qawwam dan utusan cabang Seyegan serta Depok.

Siti Nurrohmah Bayuningsih selaku ketua PCNA Tempel mengatakan bahwa kegiatan PASHMINA Goes to School ini diadakan untuk memberikan edukasi terkait pelayanan kesehatan PASHMINA kepada siswa SMK di Tempel. “Pelayanan kesehatan ini meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, penghitungan Indeks Masa Tubuh (IMT), pemeriksaan kadar Hemoglobin (HB), konsultasi kesehatan reproduksi, konsultasi psikologi dan konsultasi gizi.” imbuh Siti. Tidak hanya pengenalan pelayanan kesehatan, siswa SMK juga mendapatkan edukasi mengenai kesehatan mental remaja.

Pemateri pada kesempatan ini berasal dari Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah (PPNA). Pemateri pertama, Endah Marhaenis Netraningrum, S.Psi. menyampaikan bahwa untuk menjadi remaja sehat siswa harus mencintai diri sendiri, baik secara fisik dan psikis serta sosial. Materi kedua disampaikan oleh Dede Dwi Kurniasih, S.Sos tentang “Lingkungan Sehat – Remaja Hebat”.
Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Cabang Tempel, namun antusiasme dari siswa SMK begitu besar. Siswa SMK mengikuti seluruh rangkaian pelayanan kesehatan sampai dengan konsultasi. Acara ditutup dengan pembagian doorprize dan permainan Quizizz.

Arief Sulistya, Ketua PCM Tempel, berpesan kepada siswa SMK untuk menjaga sholat dan terus belajar hal baru sehingga dapat manfaatkan masa muda dengan berkreasi, daripada galau. Selain itu, Arief berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara kontinu, terlebih dapat menginspirasi cabang lain. (Syahida/Red)