4 Pesantren Muhammadiyah Banyumas Raya Berkumpul, Inilah Yang Dibahas..

Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Wanayasa Banjarnegara mendapat kunjungan dari 4 Pesantren Muhammadiyah dari wilayah Banyumas Raya, yaitu PontrenMu Daarul Ulum Majenang Cilacap, PontrenMu Tahfidz Qur’an al-Ijtihad Sirau Kemranjen Banyumas, PontrenMu Tahfidz Qur’an Daarussalaam Slinga Kaligondang Purbalingga dan PontrenMu MBS Bumiayu Brebes, selasa (6/12/2022). Rombongan Pesantren Muhammadiyah se-Banyumas Raya yang berjumlah 15 orang, terdiri dari PontrenMu Darul Ulum Majenang Cilacap, PontrenMu Tahfidz Qur’an al-Ijtihad Sirau Kemranjen Banyumas, PontrenMu Tahfidz Qur’an Daarussalaam Slinga Kaligondang Purbalingga dan PontrenMu MBS Bumiayu Brebes. Kedatangan mereka disambut oleh Mudir MBS Wanayasa (Wahyuddin, S.Ag., MSI), Pamong Santri (Nyana Ruasno, S.Pd), Bendahara (Tati Ernawati, S.Pd) dan Kepala Kantin Digital (Syifani Kurnia, ST).

Tuan rumah, Wahyuddin, S.Ag., MSI mengucapkan selamat datang di MBS Wanayasa yang berada di pegunungan kepada para tamu yang hadir. Ia menyampaikan bahwa pesantren yang dipimpinnya merupakan salah satu pesantren yang menjadi program Pesantren Go Digital dari PT Telkom Indonesia. Program yang baru kami laksanakan adalah program digitalisasi untuk transaksi keuangan di pesantren. Seperti uang saku, transaksi jual beli di kantin atau toko pesantren dan syahriyah atau sumbangan pendidikan, ungkap Mudir MBS Wanayasa. Salah seorang peserta, Aly Syahbana, SE., MM sangat berharap agar program Pesantren Go Digital ini dapat segera dapat dilaksanakan di pondok kami, mengingat begitu penting dan bermanfaatnya untuk menata manajemen pesantren secara terpadu dan tertib sehingga akan membantu pondok pesantren semakin modern, berkembang dan terpercaya, ungkap Mudir PontrenMu Darul Ulum Majenang. Jasmadi, S.Pd.I selaku Wadir Kemahadan menginformasikan bahwa Penerimaan Santri Baru PontrenMu Darul Ulum Majenang Cilacap Tahun Pelajaran 2023/2024 sudah dibuka sejak tanggal 1 Oktober 2022 hingga 1 Juli 2023. Informasi selengkapnya tentang santri baru bisa kontak ke nomer 0821-3312-4442 atau daftar online pada link https://forms.gle/1qc5KtzPnNE3fxfX6 , ungkap Kepala MAM.

Peserta lainnya, Rokhadi, STl juga berharap dengan adanya program Pesantren Go Digital ini akan sangat membantu pesantren dan Madrasah mendigitalisasi data sehingga memudahkan pihak pesantren dalam pengelolaan data santri dan keuangan pondok pesantren secara real-time dan akurat, ungkap Mudir PontrenMu Tahfidz Qur’an Daarussalaam Purbalingga.

Aris Pujianto, S.Pd selaku Wadir Bidang Pendidikan menginformasikan bahwa Penerimaan Santri Baru PontrenMu Tahfidz Qur’an Daarussalaam Slinga Kaligondang Purbalingga Tahun Pelajaran 2023/2024 sudah dibuka sejak tanggal 1 Oktober 2022 hingga 10 Juni 2023. Informasi selengkapnya tentang santri baru bisa kontak ke nomer 0815-1372-8532 atau daftar online pada link https://psb.ppmtqdaarussalaam.sch.id , ungkap Kepala MTs Muh.4 Purbalingga.
Pada kesempatan yang sama, Tukiran, SM menyatakan bahwa dengan adanya program Pesantren Go Digital akan sangat membantu dalam manajemen dan administrasi pondok pesantren. sehingga pondok pesantren Muhammadiyah menjadi lebih profesional dan siap Go publik menuju era digitalisasi, Dengan demikian eksistensi Pesantren Muhammadiyah akan semakin mengakar ke grassroot karena dapat mmeberikan berbagai layanan dan sarana yang dibangun dalam program pesantren go digital sehingga ke depannya keberadaan pesantrenMU akan tetap terdepan untuk mengembangkan masyarakat dan pendidikan lebih baik dengan pemahaman yang komprehensif. harap Mudir PontrenMu Tahfidz Qur’an al-Ijtihad Sirau Banyumas.. H.M. Safrudin selaku Kabag Kesantrian menginformasikan bahwa Penerimaan Santri Baru PontrenMu Tahfidz Qur’an al-Ijtihad Sirau Kemranjen Banyumas Tahun Pelajaran 2023/2024 sudah dibuka sejak tanggal 1 Oktober 2022 hingga 30 Juni 2023.

Informasi selengkapnya tentang santri baru bisa kontak ke nomer 0877-8880-2479, ungkap Ari Widianti, S.Ag, Bendahara Pesantren.
Menurut Tarqum Aziz, SHI., M.Pd, agenda berikutnya keempat PesantrenMu tersebut akan belajar lagi tentang manajemen digital pesantren ke Bapak Aribawa JIS, SE, manajer CV.Prabubimatech yang beralamat di Jalan H.R. Boenyamin Kompleks Perumahan Prabubima No.1C Pabuaran, Purwokerto Utara Banyumas, ujar Tim Media MBS Bumiayu Brebes.

Aribawa JIS, SE menyatakan bahwa CV Prabubimatech adalah salah satu perusahaan start up yang menawarkan pelayanan pendampingan dalam pengembangan system informasi (software) khusunya untuk kalangan pesantren dan sekolah. Produk yang kami sediakan di antaranya manajemen kesantrian seperti kartu santri, manajemen kepegawaian, majamen akademik, dan manajemen keuangan, ungkap mantan Ketum PD IPM Banyumas. Ia berharap dengan adanya sistem digital akan dapat membawa pesantrenMu lebih semakin berkembang, kreatif, inovatif dan mampu menerapkan program-program pembelajaran terutama bagi santri dalam keilmuan agama yang berbasis digital di lingkungan pesantren masing-masing. Alhamdulillah sudah banyak pesantren yang telah menggunakan jasa kami, jumlah ada sekitar 150an, di antaranya MBS Yogyakarta, MBS Zam-zam Banyumas dan MBS Bumiayu Brebes, tegas manajer CV Prabubimatech Purwokerto. (Red)