Peserta dan Penggembira Muktamar 48 Muhammadiyah Harap Mulai Hadir Sebelum Sholat Subuh ke Stadion Manahan Solo

Pembukaaan Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah akan digelar pada Sabtu, 19 November 2022 di Stadion Manahan Solo, Surakarta, Jawa Tengah. Untuk memudahkan pengaturan peserta pembukaan, panitia muktamar berencana memasukkan peserta dan penggembira ke dalam stadion sekitar pukul 04.00 WIB. Info lain yang diterima, stadion akan dibuka pukul 04.30 WIB. Setelah masuk stadion, seluruh peserta akan melakukan shalat Shubuh berjamaah di dalam stadion. Karena itu, jadwal masuk stadion diperkirakan sebelum masuk waktu Shubuh.

Sekretaris Satuan Pelayanan Muktamar (Sapamu) Panitia Penerima Muktamar ke-48, Sigit Suroto, mengatakan, proses peserta pembukaan Muktamar masuk ke Stadion Manahan jadi hal yang sangat krusial untuk ditangani Sapamu. “Jadwal yang sudah direncanakan bahwa tanggal 19 (November 2022) dinihari sekitar jam 04.00 WIB, para peserta baik peserta VIP ataupun penggembira harus sudah masuk ke Stadion. Sehingga nanti harus dilakukan shalat Subuh berjamaah. Ini sangat krusial sekali terkait dengan pengendalian massa yang jumlahnya sangat banyak,” kata Sigit saat ditemui sebelum kegiatan pengukuhan dan pembekalan 1.200 anggota Sapamu di lapangan parkir Stadion Manahan Solo, pada Ahad yang lalu (13/11/2022).

Disampaikan Sigit, bila semua peserta pembukaan sudah berada di Stadion Manahan dan sudah melakukan shalat Subuh berjamaah, maka proses pembukaan akan lebih lancar. Sigit menambahkan, pengamanan saat pembukaan sudah dilakukan pada 18 November 2022 atau sehari sebelum pembukaan. “Di ring luar, satuan lalu lintas bertugas mengamankan jalan di area stadion Manahan. Harus bersih, tidak ada kendaraan parkir,” terang Sigit.

Pada Jumat, 18 November 2022 malam, mulai pukul 21.00 WIB personil Sapamu sudah menginap di Stadion Manahan sampai Sabtu, 19 November.untuk melakukan pengamanan. Pengondisian keamanan akan dilakukan di gerbang Stadion Manahan yaitu gerbang A,B,C dan F sebagai gerbang masuk peserta pembukaan. Lalu, area pelataran stadion juga akan ada pengendalian personil untuk mengamankan area. Di ring terdekat, yaitu di pintu utama masuk ke dalam Stadion Manahan, juga akan dilakukan pengondisian personil. “Ada 4 pintu utama masuk peserta pembukaan, mulai dari gate biru, merah, kuning dan hijau. Di samping juga pengondisian personil di pintu 1-12 dari Sapamu baik itu personil Tapak Suci maupun dari Kosegu,” terang Sigit. (Red)