Timnas U16 Juara AFF U16 2022, Pemainnya Ada Anggota Pelajar Muhammadiyah

Euforia bangsa Indonesia membuncah tatakala Timnas U-16 berhasil meraih juara pada ajang AFF U16 2022. Pada laga final yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Indonesia berhasil menekuk Vietnam 1-0.

Kegembiraan juga terpancar dari keluarga besar Muhammadiyah, pasalnya dalam tim tersebut ada siswa sekolah Muhammadiyah, yaitu Zidan Ar Rosyid dan Fadel Arrafi yang merupakan siswa SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Terkait itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ma’mun Murod menawarkan beasiswa bagi kedua talenta muda tersebut untuk berkualiah di UMJ. Di UMJ keduanya diberikan kebebasan untuk memilih jurusan, namun disarankan jurusan pendidikan olahraga. “Zidan dan Arrafi bisa ambil program studi apa saja di UMJ. Namun akan bagus, dan saya sarankan untuk masuk Program Studi Pendidikan Olahraga (POR)”, saran Ma’mun kepada Zidan dan Arrafi. Dalam siaran pers yang diterima pada (13/8), Ma’mun Murod yang juga penggemar timnas ini menawarkan beasiswa bukan hanya kepada kedua pemain, tetapi bagi pemain Timnas U 16 secara keseluruhan.

Setelah lulus dari SMA/SMK/MA para talenta muda sepak bola Indonesia ini mendapat tawaran khusus langsung dari Rektor UMJ. Selain mengembangkan akademik, pemain nantinya di UMJ juga akan tetap mampu mengasah skill nya, sebab UMJ memiliki klub sepak bola papan atas.

Tim sepak bola UMJ juga menyumbangkan pemain muda berbakatnya untuk timnas, dan tim lokal yang berlaga di Liga 1 Indonesia, yaitu Rezaldi Hehanusa yang merupakan pemain inti dari tim Persija Jakarta, sebagai wing bek kiri. “Tak heran kalau anggota Tim UMJ banyak yang bergabung dengan klub-klub sepak bola, baik yang berlaga di Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3. Rezaldi Hehanusa, pemain andalan Persija Jakarta merupakan salah satunya. Rezaldi merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ”, ucap Ma’mun.

Sementara, tim sepak bola UMJ buka tim remeh. Pasalnya telah berkali-kali berhasil menjadi juara di Piala Menpora dan Liga Mahasiswa. Tim sepak bola UMJ merupakan tim papan atas di antara tim sepak bola perguruan tinggi lainnya. “Tim sepak bola UMJ itu keren loh. Di lingkup perguruan tinggi, UMJ termasuk Tim papan atas. Berkali-kali juara Piala Menpora dan Liga Mahasiswa,” tuturnya.