SMA Muhi Yogya Salurkan 32 Hewan Qurban

Jumat, 8 Juli 2022 bertempat di halaman SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dilaksanakan acara penyerahan hewan qurban Idul Adha 1443 H. Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan dihadiri 32 perwakilan instansi penerima manfaat hewan qurban. Pada tahun 1443 H ini, SMA Muhi akan menyalurkan hewan qurban sebanyak 32 ekor kambing.

Pada kesempatan ini SMA Muhi menyerahkan 32 ekor kambing ke berbagai SD, SMP, panti asuhan milik Muhammadiyah dan instansi mitra sekolah di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan sebanyak 3 sapi akan disembelih di lingkungan SMA Muhi pada hari Senin, 11 Juli 2022 untuk dibagikan ke warga sekolah dan masyarakat sekitar.

Acara penyerahan hewan qurban dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Dalam sambutan tertulisnya Kepala Sekolah, Drs. H. Herynugroho, M.Pd menyampaikan terimakasih atas kedatangan bapak/ibu perwakilan dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dan beberapa instansi mitra untuk menerima pentasyarufan hewan qurban. Sekolah juga menyampaikan permohonan maaf karena SMA Muhi belum bisa memenuhi semua proposal permintaan hewan qurban yang telah diajukan. 32 ekor kambing ini merupakan hasil iuran dari seluruh siswa dan donasi dari orang tua siswa.

Pada tahun ini ada 2 orang tua siswa yang menyumbangkan masing-masing 1 ekor kambing. “Ibadah qurban ini mengandung 2 dimensi ibadah yaitu hablum minallah dan hablum minannas. Melalui ibadah qurban di sekolah ini diharapkan akan melatih para siswa memiliki kecerdasan spritualitas dan kecerdasan sosial secara seimbang. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya merekatkan persaudaraan dan kerjasama antara sekolah dengan masyarakat di sekitar sekolah” pungkas beliau.

Menurut Abdul Qodir S.Th.I, MSI selaku wakil kepala urusan Ismuba menyatakan membantu sesama dalam hal kebaikan akan memberikan dampak yang positif bagi kita, salah satu caranya adalah dengan berbagi hewan qurban saat Hari Raya Idul Adha. Melalui kegiatan pembagian hewan qurban juga dapat menjadi salah satu sarana syiar islam bagi SMA Muhi dan mengajarkan kepada peserta didik untuk berbagi. Helmi Kurniawan, SPdI, M.Si selaku ketua panitia menyatakan penyaluran hewan kurban ini dipastikan tepat sasaran dengan memprioritaskan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang masih membutuhkan di wilayah DIY. Harapannya hewan kurban ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. “Pendistribusian hewan kurban ini diprioritaskan ke masyarakat kurang mampu supaya mereka juga merasakan kebahagiaan Idul Adha tahun ini,” tutur Helmi Kurniawan M.Si.

Sutarjo dari SD Muhammadiyah Munggang Wetan, Samigaluh, Kulon Progo sebagai salah satu penerima hewan qurban menyatakan sangat bersyukur sekolahnya mendapatkan seekor kambing. Nantinya hewan qurban ini akan disembelih untuk dibagikan ke siswa dan warga sekitar. Semoga ibadah ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dan menjadikan orang yang berkurban sebagai kekasih Allah SWT. (Red)