Rektor Universitas Muhammadiyah Aceh Lepas 352 Mahasiswa KKN X Tahun 2022

Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) melalui Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (Bapel KKN) menyelenggarakan pembekalan atau coaching KKN angkatan X untuk mahasiswa, pembekalan KKN ini dilaksanakan di aula Fakultas Ekonomi Sabtu 23/7/22. KKN X ini akan dilaksanakan di Kecamatan Leupung dan Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar. Sebelum diantar secara resmi oleh pihak kampus ke tempat KKN, 352 mahasiswa UNMUHA wajib mengikuti pembekalan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor UNMUHA Dr. H. Aslam Nur, MA dan dihadiri Ketua Bapel KKN T. Moefizar, SH, MH, Sekteraris Bapel KKN Darwis, S.Sos, M, Si, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Dalam laporan, T. Moefizar selaku ketua Bapel KKN mengatakan sebagai laporan bahwa kegiatan KKN X tahun 2022 sebanyak 352 mahasiswa yang tersebar dalam 2 kecamatan, yaitu kecamatan Leupung dan Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar.

Pelaksanaan KKN X ini akan dimulai tanggal 25 Juli sampai dengan 25 Agustus 2022. Selama proses pelaksanaan KKN nanti supaya mahasiswa kami bisa melaksanakan KKN dengan baik, harapannya. Moefizar juga menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang melaksanakan KKN, jaga kesehatan mudah-mudahan sukses sampai selesai dan jaga nama baik kampus dan diri sendiri, tutupnya.

Dalam Sambutannya Rektor Unmuha Dr. H. Aslam Nur, MA menjelaskan bahwa KKN adalah salah satu SKS yakni wajib bagi seluruh mahasiswa UNMUHA. ”Kegiatan ini merupakan kegiatan yang memang dilaksanakan setiap tahunnya sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan di kampus kita ini” ujarnya.

Yang paling penting pada KKN ini adalah bahwa terjun kedesa itu tentunya untuk membangun dan ikut menyukseskan rencana-rencana desa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. ”Semoga KKN tahun ini lebih baik dari pada tahun sebelumnya dan adanya kemajuan KKN dan selama disana ada ide untuk melakukan sebuah penelitian, jadi adanya kerjasama antara mahasiswa dengan dosen pembimbing yang tentunya bisa diteliti disana yang tentunya kedepan bisa menjadi salah satu sumber penelitian dan menjadikannya karya ilmiah ” harapannya.

Pembekalan/coaching ini sendiri dilaksanakan selama 1 hari penuh dengan materi yang diisi oleh tim dosen Fakultas Hukum “administrasi pedesaan”, tim dosen Fakultas Ekonomi “pembangunan kewirausahaan desa, tim dosen Fakultas Agama Islam “pendidikan karakter/kkhlak islami”, tim dosen Fakultas Psikologi “pendidikan moral dan integritas”, tim dosen Fakultas Teknik “pembangunan infrastruktur/sarana dan prasarana desa”, dan tim Fakultas Kesehatan Masyarakat “pemberdayaan Kesehatan masyarakat”. (Red)