Lulus Sekolah Dari Muhammadiyah, Meski Kristen Taat, Walikota & Bupati Papua Ini Sangat Cinta Muhammadiyah

SANGPENCERAH ID – Lembaga pendidikan Muhammadiyah yang tersebar di seluruh tanah air dari tingkat TK hingga perguruan tinggi menjangkau semua golongan suku dan agama tanpa diskriminasi.

Salah satu sosok yang bangga menjadi bagian dari alumni lembaga pendidikan Muhammadiyah adalah Benhur Tomi Mano, Wali Kota Jayapura periode 2011–2016 dan 2017–2022.

“Di Papua itu ada satu walikota dan satu bupati tamatan SMP Muhammadiyah. Yaitu Walikota Jayapura namanya Benhur Tomi Mano, kemudian ada Bupati Jayapura (Mathius Awoitauw) alumni SMP Muhammadiyah. Kristen taat, tetapi kecintaannya terhadap Muhammadiyah luar biasa,” ungkap Ketua PP Muhammadiyah Muhadjir Effendy, Sabtu (11/9).

Dalam Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Muhadjir menuturkan bahwa Benhur Tomi Mano selalu bangga pernah menjadi bagian dari Muhammadiyah. Karena itu ketika Pimpinan Pusat berkunjung ke Papua, Benhur atau Mathius selalu berusaha menjemput.

Memimpin Doa di Forum Muhammadiyah
“Orang bingung semua toh? Nah ini gimana ini, minta mimpin doa, doanya Kristen gimana wong yang datang semua orang Muhammadiyah,” kenang Muhadjir.

“Setelah memimpin doa itu ternyata doanya adalah radhitu billahi rabba dan wal ashri. Dia ingat ketika masih di SMP Muhammadiyah dulu, dia ketua kelas dan selalu disuruh memimpin doa itu. Saya guyoni, tinggal syahadatnya sampean ini Pak Wali,” kelakar Muhadjir.

Fakta sederhana ini menurut Muhadjir adalah salah satu keberhasilan Muhammadiyah dalam menyelenggarakan pendidikan dan mewujudkan kemanfaatan Islam Rahmatan lil Alamin ke seluruh golongan manusia.

“Jadi, Muhammadiyah itu sebagai state of mind, situasi pemikiran, itu bisa melampaui batas-batas keyakinan. Jadi walaupun dia bukan orang yang maaf, muslim, tetapi suasana cara berpikirnya adalah cara berpikir Muhammadiyah itu yaitu open minded, terbuka,” kata Muhadjir.

Sebagaimana diketahui, Benhur Tomi Mano merupakan alumni dari SMP Muhammadiyah YAPPIS Abepura. Benhur saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum klub sepakbola kebanggaan bumi Cendrawasih, yakni Persipura Jayapura.

“Maka saya rasa saat ini pemimpin daerah yang tergolong bersih di Papua itu ya Walikota Jayapura dan Bupati Jayapura itu. Dan prestasinya sangat bagus dan dia sangat bangga dibesarkan di sekolah Muhammadiyah,” tutup Muhadjir yang juga berkapasitas sebagai Menko PMK Republik Indonesia.