Aksi Tegas Soekarno Tolak Segala Bentuk Hubungan Dengan Israel

SANGPENCERAH.ID – Aksi Tegas Soekarno Tolak Segala Bentuk Hubungan Dengan Israel

Berikut Aksi Tegas Presiden Soekarno :

  1. Tidak memperdulikan ucapan selamat kemerdekaan dari Israel.
  2. Tidak Mengundang Israel dalam KAA.

Konferensi Asia Afria alias KAA diprakarsai oleh presiden Soekarno. Penyelenggaraan pertamanya dilaksanakan di Indonesia dengan mengundang berbagai negara di Asia dan Afrika. Beberapa negara seperti Burma (Myanmar), India, dan Srilanka berpendapat agar Israel juga diikutsertakan. Soekarno dengan tegas menolak saran itu.

3.Bagi Soekarno, Palestina lebih penting daripada Indonesia lolos Piala Dunia
.
Akhirnya Tahun 1957, tim nasional Indonesia sebenarnya sudah lolos pertandingan tingkat Asia dan hanya perlu bertanding lawan Israel untuk bisa lolos ke Piala Dunia 1958 di Swedia., Namun tim nasional nggak berangkat dan melepaskan kesempatan untuk lolos ke Piala Dunia demi mendukung Palestina dan menentang penjajahan Israel
.
4.Tidak memberikan visa untuk atlet kontingen Israel dan Taiwan
Ketika Indonesia jadi tuan rumah Asian Games IV tahun 1962
.
5.Keputusan tidak memberikan visa pada Atlet Israel ini jelas membuat Komite Olimpiade Internasional (IOC) berang, Soekarno memerintahkan Indonesia keluar dari Komite Olimpiade Internasional, Hal ini dilakukannya sebagai tanda kebesaran bangsa yang nggak bergantung dengan kekuatan dunia. Hebat!
.

  1. Pidato anti imperialisme dan anti Israel yang mempengaruhi Indonesia
    Soekarno teguh mempertahankan pendiriannya bahkan sampai kekuasaannya berakhir. Dalam pidato ulangtahun kemerdekaan Indonesia yang ke-21, Soekarno mengungkapkan bagaimana Indonesia harus bangga sebagai bangsa yang konsekuen, berjiwa kemerdekaan, antiimperialisme, serta secara aktif nggak mengakui Israel Pada tahun 1962, ia juga pernah dengan tegas mengungkapkan, “Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel.”

Jika kamu soekarnois sejati, tentu kamu juga akan membela Palestina & Menentang Israel. Mari Doakan Presiden Soekarno atas Jasa & Perjuangannya (Boombastis/SP)
.
@mediapencerahid