Pejuang Muhammadiyah yang Tawadlu dan Gigih itu Telah Syahid

Oleh: Muhammad Jamaludin Ahmad.
Wakl ketua LPCR PP Muhammadiyah

Ustadz Abdul Rodhi, saya mengenal beliau sejak muda. Sejak pertama mengenal beliau hingga terpilih menjadi Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten pribadinya tidak berubah.
Pribadinya selalu tampil sederhana, rendah hati, santun, tenang menghadapi apapun, murah hati,ringan hati, tekun dan gigih menjadi cahaya yang selalu menerangi siapapun yang berjumpa dan bergaul dengan beliau. Bersama beliau dunia ini dengan segala urusan dan permasalahanya menjadi sederhana. Demikian juga ketika beliau berbisnis, ber Muhammadiyah dan berkehidupn lainnya.

Dalam ber Muhammadiyah, Ust Dul Rodhi menjadi contoh aktifis, penggerak dan pemimpin Muhammadiyah yang totalitas. Dimulai aktif di Pemuda Muhammadiyah kemudian menekuni ranting, Cabang hingga menjadi Ketua Umum PDM Klaten. PRM Gading dimana beliau bermukim dan menjadi real anggota Muhammadiyah, merupakan PRM Termaju dan terunggul di PDM Klaten. Pada tahun 2019 pada saat diselenggarakan CABANG RANTING AWARD di Gowa Sulawesi Selatan, PRM Gading terpilih menjadi PRM terbaik ke 2 tingkat Nasional. Kemajuan PRM Gading ini tidak bisa dilepaskan dari kiprah dan perjuangan Ustadz Abdul Rodhi sebagai anggota dan penggerak Muhammadiyah di Gading. Almarhum merupakan pribadi yang mampu berkomunikasi dan merangkul anak anak muda dan juga pribadi yang bisa diterima hampir semua kalangan.

Menggerakkan dan mempengaruhi orang lain dengan Akhlaq

Ustadz Abdul Rodhi bukan tipe manusia mimbar yang pandai berorasi dan beragitasi. Beliau selalu sederhana dan tenang ketika berbicara namun dalam kesedehanaan dan ketenangan ketika berbicara itulah kekuatan dan kepribadian beliau memancarkan aura yg menyentuh fikiran dan relung hati yang paling dalam. Kemampuan almarhum menggerakkan orang khususnya Anak anak muda Muhammadiyah dan warga Muhammadiyah bukan berasal dari ketrampilan berpidato dan berorasi namun berasal dari akhlak pribadinya yang tawadlu’, selalu memulai dari diri sendiri (ibda’ bi nafsik), murah hati dan selalu peduli, pribadinya yang selalu memberi solusi, mengayomi, memudahkan urusan, tenang dan murah senyum dll.

Kepribadian dan akhlaqnya yg selalu memberi contoh kebaikan merupakan mutiara yang harus dijaga dan dipelihara oleh semua aktifis dan pengurus Muhammadiyah dimanapun. Ustadz Abul Rodhi dalam kehidupan sehari hari mirip dengan Pak AR Fakhrudin dlm kesederhanaan dan pribadinya yang rendah hati. Pengorbanan beliau di jalan dakwah bisa ditanyakan kepada keluarga dan temen temen seperjuangan almarhum. Istri dan putra, putrinya pasti sangat kehilangan sosok suami yang bertanggung jawab dan sosok ayah yang sangat sayang pada putra, putrinya. Almarhum setiap ketemu saya selalu bicara masa depan Islam dan Muhammadiyah. Beliau ingin putra putri dan menantunya serta anak keturunannya aktif berdakwah dan berjuang di Muhammadiyah. Beliau cari menantu yang kader ulama Muhammadiyah. Akhirnya Allah kirim ustadz Muda Muhammad Dzikron (almarhum). Beliau bersyukur dan senang sekali diberi oleh Allah SWT menantu yang alim dan faqih di bidang agama. Sang menantu yang sangat santun dan tawadlu yang sedang menjadi kebanggaan warga Muhammadiyah Klaten itu telah dipanggil oleh Allah SWT mendahului mertuanya. Dan hari ini Ahad 1 November 2020 ustadz Abdul Rodli menyusul sang menantu menghadap kekasih sejati Allah SWT.

Ustadz Abul Rodli dan Kepedulian nya terhadap Cabang dan Ranting Muhammadiyah.

Ketika saya, masih masa awal pindah tugas dari Rumah sakit Islam Jakarta Cempaka Putih ke RS PKU Muhammadiyah Bantul, saya di Undang ustadz Abdul Rodhi untuk memberiksn ceramah Umum pada pembukaan Musyawarah Ranting PRM Gading. Sebagai wakil ketua LPCR PP Muhammadiyah dan juga sebagai pribadi undangan dari ustadz Abdul Rodhi wajib dihadiri. Sebagai pengurus LPCR, akan sangat bersyukur bila melihat sebuah Ranting Muhammadiyah maju dan besngast untuk Ummat. Sebagai pribadi harus datang sebagai ungkapan rasa hormat kepada ustadz Abdul Rodhi yang selalu gigih memajukan Ranting Muhammadiyah.

Ketika sampai di PRM Gading, saya kaget karena melihat gedung lantai dua PRM yang megah. Saat itu Gedung Dakwah PRM Gading Klaten merupakan Gedung dakwah tingkat Ranting termegah se Indonesia. Ustadz Abdul Rodhi dan seluruh aktifis Ranting menyambut kami. Kaget yang kedua, acara Musyawarah Ranting PRM Gading lebih dari seribu orang warga Muhammadiyah. Acara pembukaan Musyrannya seperti acara musyawarah tingkat PDM. Dari pesertanya, agenda Musrannya, laporan pertanggungjawabannya, rencana program setiap majelis nya betul betul tertib dan lengkap. Saya sengaja hadir cukup lama utk menyaksikan kesungguhan para Pimpinan PRM Gading bermusyawarah. Beliau beliau semua bermusyawarah dengan bergembira namun tetap sungguh sungguh. Disinilah saya terkesan kehadiran,teladan dan pengaruh ustadz Abdul Rodhi di PRM Gading.

Ustadz Abdul Rodlhi memang betul betul memikirkan kemajuan dakwah di Cabang dan Ranting serta dengan senang hati selalu ingin tahu dan belajar strategi memajukan cabang dan ranting Muhammadiyah. Ketika LPCR PP Muhammadiyah mengadakan CR nasional Expo dan Cabang Ranting Nasional Award di PCM Babat Lamongan Jawa Timur th 2017, acara ini saya ceritakan ke Ustadz Abdul Rodhi. Respon beliau langsung positif dan mengatakan kepada saya akan membawa satu Bus warga dan pimpinan PRM Gading untuk hadir di acara nasional ini. Pada hari pelaksanaan pembukaan CR expo dan CR Award ini, beliau bener bener hadir satu Bus dengan rombongannya dan beliau langsung yang pimpinan. Karena datang terlalu pagi maka beliau dengan senang hati istirahat di masjid dan ikut antri mandi di masjid tempat acara diadakan. Beliau ndan rombongan bersungguh sungguh hadir dan belajar di acara CR EXPO dan CR Award. Hasilnya dua tahun kemudian PRM Gading masuk kategori PRM unggulan terbaik kedua Nasional.

Hari ini engkau telah dipanggil RobMu menyusul menantumu Ustadz Dzikron,Lc,MA yang sholih seperti dirimu. Semoga wafat dalam kondisi syahid dan Husnul khotimah. Semoga Ustadz Abdul Rodhi dan menantumu Ustadz Muhammad Dzikron dilimpahi maghfirah dan rahmat, ridho dan barokah dari Allah SWT. Saya dan seluruh warga Muhammadiyah Klaten sangat kehilanganmu. Semoga lahir kader kader Muhammadiyah terbaik di Klaten seperti yg engkau selalu harapkan.