MCCC dan Kokam Sukoharjo Gelar Pelatihan Perawatan & Pemakaman Jenazah Covid-19

Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Sukoharjo mengadakan Pelatihan Mobilisasi Jenazah Covid-19 kepada para relawan yang bertempat di Aula Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo. Sebanyak 23 peserta yang berasal dari relawan dan Anggota KOKAM Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo ikut serta dalam pelatihan yang berlangsung kurang lebih 2 jam tersebut. Sebelum acara dimulai diawali dengan penyampaian safety briefing oleh petugas security Rumah Sakit.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua MCCC Sukoharjo yang diwakili oleh dr. Indarto., Msi selaku wakil ketua MCCC Sukoharjo. Dalam sambutannya dr. Indarto mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan program dari MCCC Sukoharjo untuk memberikan bekal kepada para relawan.

Kegiatan ini adalah salah satu program MCCC, kegiatan ini dalam rangka memberikan bekal kepada relawan untuk memobilisasi jenazah Covid-19 apabila nanti ada yang meninggal dunia. Para relawan diberikan bekal dengan pelatihan protokol kemanan mobilisasi jenazah Covid-19 agar tidak takut berlebihan, kata dr. Indarto, Selasa ( 21/5/2020 ).

Sementara itu, Prof. Dr. dr. Suradi, Sp.P(K), MARS memberikan penjelasan secara singkat tentang Covid-19, mengenai cara penularan dan sifat sifat dari Covid-19. Beliau mengatakan bahwa Covid-19 ini lebih kecil dari dari bakteri dan hidupnya harus melalui media tertentu dan virus ini tidak bisa melanglangbuana di udara. Prof Suradi juga mengatakan bahwa virus akan mati jika orang yang menderita Covid-19 meninggal dunia.

Turut serta memberikan materi dalam pelatihan tersebut adalah dari Majelis Tarjih Muhammadiyah Sukoharjo yaitu Imam Waladi, M.Ag yang sekaligus sebagai Kasi Bimas Islam kantor Kemenag Kabupaten Sukoharjo. Dalam materinya beliau menjelaskan putusan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dalam kondisi darurat Covid-19, terkhusus dalam masalah pemulasaran jenazah Covid-19.

Materi praktek pemulasaran jenazah Covid-19 disampaikan oleh tim Covid-19 dari Rumah Sakit Umum Daerah Ir. Soekarno Sukoharjo yang dipimpin oleh Mulyono., S.Kep. Dimulai dengan pengenalan Alat Pelindung Diri ( APD ) kemudian dilanjutkan dengan pemeragaan dari persiapan kain kafan ( kain dan plastik ), proses pengkafanan jenazah, mentayamumkan jenazah, memasukkan ke peti sampai pemakaman dan pelepasan APD.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua PWPM Jawa Tengah Eko Pujiatmoko.,SE, ketua PDPM Sukoharjo H. Muhammad Tri Wibowo. Dalam kesempatan ini dari jajaran Intelkam Polres Sukoharjo yang diwakili oleh Aiptu Suyadi juga memberikan apresiasi positif khususnya kepada KOKAM Pemuda Muhammadiyah Sukoharjo yang berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19. (yufa)