Kasus Panti Asuhan Muhammadiyah Bandung Kini Ditangani Polda Metro Jaya

by M Rizal Fadillah

Setelah bekerja keras dalam melakukan penyelidikan atas laporan dari M. Ihsan yang mewakili pihak PP Muhammadiyah terhadap pemalsuan dokumen yang diduga dilakukan oleh Dra. Mira Widyantini, MSc kini Pihak Polda Jawa Barat melimpahkan perkara kepada Polda Metro Jaya mengingat dari hasil pemeriksaan maka locus delicti (tempat terjadinya kejahatan) diduga berada di Jakarta Pusat yang menjadi wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Pelimpahan perkara Polda Jawa Barat beserta bundel berkas didasarkan surat pelimpahan No. B/1961/III/ RES 7.4/2020/Ditreskrimum tanggal 31 Maret 2020. Kasus yang dihubungkan dengan delik pemalsuan dokumen yang diatur Pasal 266 KUHP tersebut adalah tindak lanjut dari rencana eksekusi rumah Panti Asuhan Muhammadiyah Jl. Mataram No 1 Bandung.

Warga Muhammadiyah dan umat Islam melakukan aksi untuk mempertahankan Panti Asuhan tersebut karena menilai ada kejanggalan hukum dalam penanganan kasus perdatanya. Dra Mira Widyantini, MSc akhirnya dilaporkan ke Mabes Polri yang kemudian melimpahkan pemeriksaan kepada Polda Jawa Barat. Setelah melakukan penyelidikan seksama sampai pada kesimpulan bahwa tempat kejahatan (locus delicti) diduga dilakukan di Jakarta Pusat. Sehingga ditindaklanjuti penyidikan oleh Polda Metro Jawa.

Polda Metro Jaya pada tanggal 13 April 2020 telah membuat Surat Perintah Penyelidikan No SP.Lidik/1773/IV/2020/Ditreskrimum. Dan telah memulai langkah-langkah penyedikan tersebut.

Pihak Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sukajadi yang mewakili PP Muhammadiyah mengapresiasi kerja Penyelidik Polda Jawa Barat yang telah sampai pada dugaan locus delicti terjadi di Jakarta Pusat. PCM Sukajadi berharap pula kiranya Polda Metro Jaya dapat menindaklanjuti pelimpahan sehingga dapat ditemukan kebenaran materiel kejahatan sehingga pelaku dapat diproses sampai tingkat Pengadilan.

Muhammadiyah sangat meyakini kebenaran kepemilikan tanah dan bangunan atas nama Persyarikatan Muhammadiyah. Bertekad untuk menunaikan amanah wasiat dari almarhum Prof. Salim Rasyidi. Mengelola Panti Asuhan di Jalan Mataram 1 Bandung dengan sebaik baiknya. Pihak pihak yang beritikad tidak baik dan bertindak di luar syariat agama serta melanggar hukum patut pula untuk mendapat sanksi hukum.

*) Pemerhati Keagamaan

Bandung, 28 April 2020