IMM Baubau Mengutuk Tindakan Represif Aparat Kepolisian

PC IMM Kota Baubau hari Selasa (28/5) melakukan aksi unjuk rasa menyikapi aksi represif pihak aparat kepolisian akhir-akhir ini.

Persoalan kebangsaan yang kian hari semakin komplit mengharuskan masyarakat ; Pemuda, Mahasiswa mengambil peran menyikapi persoalan yang terjadi. Banyak dari mereka memilih jalan kritis untuk turun kejalan.

Tahu bahwa Negara telah menjamin hak setiap warga negara untuk berekspresi diruang Public sebagaimana yang tertuang dalam UUD, dan UU Nomir 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan kemerdekaan di muka umum, dijadikanlah itu sebagai landasan keyakinan berbagai lembaga kemasyarakatan dan kepemudaan untuk melakukan demonstrasi, salah satunya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Sulsel dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional, juga di Jakarta tepatnya di Depan Kantor BAWASLU RI Tertanggal 22 Mei 2019 ribuan eleman masyarakat tumpah ruah di dijalanan.

Ironis, aparat Kepolisian yang pada dasarnya diberi mandat oleh Negara sebagai pengayom, pelindung masyarakat, lagi lagi, dan lagi melakukan tindakan represif kepada masa aksi bahkan ada yang membabi buta.

Pada aksi Hari Kebangkitan Nasional oleh DPD IMM SULSEl telah terjadi pemukulan terhadap Kader IMM yakni (Ketua Cabang PC IMM Kota Makassar), tidak cukup sampai disitu momentum aksi demonstrasi di beberapa daerah di Indonesia tertanggal 22 Mei 2019 menyisahkan cerita duka yang mendalam atas jatuhnya banyak korban yang meninggal dunia dan korban Luka – luka.

Atas dasar Hukum dan Kemanusian ;
IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH (IMM) Kota Baubau dan HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI)Cabang Kota Baubau MENGUTUK KERAS TINDAKAN BUAS APARAT KEPOLISIAN terhadap kader IMM, dan masa aksi 22 Mei 2019.

Berikut uraian tuntunan PC IMM Kota Baubau & HMI Cab. Kota Baubau;
● Sebagai bentuk pertanggungjawaban, kami meminta kepada Presiden RI untuk segera mencopot Tito Karnavian sebagai KAPOLRI.
● Meminta kepada KOMNAS HAM untuk menyelidiki, dan menuntaskan dugaan pelanggaran HAM BERAT pada aksi 22 Mei 2019 di Depan Kantor BAWASLU RI.
● Menghimbau kepada POLRESTABES Kota Baubau untuk menjaga kedamaian, ketentraman, dan keamanan Kota Baubau menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.