Dahnil : Saya Selalu Jaga Etika, Tak Pernah Serang Pribadi Senior Muhammadiyah

Sangpencerah.id – Dahnil Anzar Simanjuntak, Wakil Ketua LHKP PP Muhammadiyah mengingatkan kader Muhammadiyah untuk menjaga adab kepada senior-senior Muhammadiyah. Hal ini khususnya dalam menyikapi perbedaan pandangan politik di internal Muhammadiyah.

“Ada baiknya, bila kader-kader muda Muhammadiyah berbeda sikap politik dengan tokoh-tokoh senior Muhammadiyah seperti Pak Amien Rais, Buya Syafiie Maarif, Pak Din Syamsudin tetap menjaga adab”, tegas Dahnil.

“Meski bisa jadi anda merasa lebih tahu, atau berbeda sikap, namun adab dipublik penting sekali tetap dijaga sebagai satu keluar, Ta’aliful Qulb (ikatan hati) penting lho dalam satu Jama’ah”, lanjutnya.

Dahnil menjelaskan bahwa banyak sekali perbedaan sikap gerakan politiknya dengan Buya Syafii, tapi tak pernah sama sekali menyerang apalagi mempermalukan beliau di ruang publik.

“Apalagi sampai membuat rilis hanya sekedar mendapat perhatian dari pihak lain, dengan menyerang pribadi dan pandangan politik beliau, Pun demikian saya tidak selalu sepakat dengan sikap politik Pak Amien atau Pak Din, tapi saya tidak akan pernah menyerang dan menegasikan beliau-beliau diruang publik. Itu adab yang penting, bagi saya”, ucap Ketum PP Pemuda Muhammadiyah 2014-2018 ini.

Dia berpesan kepada semua kader Muhammadiyah untuk bergembira dalam perbedaan pandangan politik atau pandangan-pandangan lainnya, namun tahan diri dan tak elok bila kemudian mempermalukan satu sama lain diruang publik, apalagi ini dilakukan oleh kader muda terhadap tokoh senior.(dm)