Cak Nanto: Dakwah Itu Selow Saja, Gak Usah Marah-Marah dan Maki-Maki

Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah (PP PM) Sunanto alias Cak Nanto mengatakan cara berdakwah kader Pemuda Muhammadiyah haruslah selembut seperti yang diajarkan dan dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Pesan itu disampaikan oleh Cak Nanto ketika memberikan tausiiah dalam pelantikan PWPM Jatim periode 2018-2022 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (20/3/19) malam.

“Kita berdakwah gak usah marah-marah. Gak usah maki-maki. Selow (slow) saja. Sebab, yang memiliki hak untuk menyadarkan itu hanya Allah SWT,” katanya.

Cak Nanto menerangkan, tugas berat kader Pemuda Muhammadiyah saat ini hanyalah menyampaikan risalah-risalah Allah SWT yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Jadi tugas dakwah kita buka soal menyadarkaan. Tapi tugas kita hanyalah menyampaikan risalah saja. Soal kesadaran itu serahkan kepada Allah SWT,” tuturnya.

Cak Nanto meminta agar kader Pemuda Muhammadiyah senantiaa siap sedia berdakwah di mana saja dan dengan cara apa saja yang penting damai.

Cak Nanto menegaskan kiprah kebangsaan Muhammadiyah tidak perlu diragukan lagi. “Kalau boleh klaim kesombongan, saya katakan tidak ada yang lebih Pacasilais, NKRI dari dari pada Muhammadiyah. Dan itu tidak terlalu penting bagi kita,” ungkapnya.

Pria asal Sumenep itu berharap, agar kader Pemuda Muhammadiyah bisa menjadikan dakwah tetap menjadi ruh semangat dan pondasi bagi kader untuk . “Itu yang harus menjadi pondasi dan itu harus pula dimiliki setiap kader Pemuda Muhammadiyah,” ujarnya.

sumber : pwmu.co