Beranda Artikel Presiden Jokowi Angkat Syafiq Mughni Jadi Utusan Khusus

Presiden Jokowi Angkat Syafiq Mughni Jadi Utusan Khusus

Presiden Joko Widodo telah mengangkat Prof. Dr. Syafiq Mughni, MA untuk mengganti posisi Prof. Dr. Din Syamsuddin, MA yang mundur dalam jabatannya sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (UKP-DKAAP). Pengangkatan Syafiq Mughni tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 52/M Tahun 2018.

Syafiq Mughni adalah tokoh kharismatik Muhammadiyah asal Jawa Timur yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah membidangi Hubungan Antar Agama dan Peradaban.

Presiden Jokowi memberi tugas kepada Syafiq untuk mengembangkan dialog sekaligus kerja sama antaragama, baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, dalam Keputusan Presiden tersebut juga dijelaskan bahwa sebagai UKP-DKAAP, Syafiq mengemban mandat untuk mempromosikan kehidupan umat Islam Indonesia berdasarkan prinsip Wasathiyah.

Guru Besar Peradaban Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya ini juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.

Alasan Din mundur karena Jokowi sudah berstatus sebagai calon presiden petahana. Sementara Din sebagai tokoh agama ingin bersikap netral di Pilpres 2019.