Pemuda Muhammadiyah : Pemeriksaan Amien Rais Salah Alamat

Sangpencerah.id – Ketua PP Pemuda Muhammadiyah, Ahmad Fanani menyampaikan polemik yang terjadi akibat kebohongan yang dilakukan Ratna Sarumpaet, seharusnya berhenti pada penetapan tersangka yang bersangkutan. Karena secara jelas yang bersangkutan melakukannya sendiri, dan sudah diakui.

“Upaya pelaporan dan pemeriksaan yang dilakukan terhadap Mantan Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. H.M. Amien Rais dengan demikian salah alamat, dan lebih sarat nuansa politis daripada penegakan keadilan,” kritik Ahmad Fanani dalam siaran pers, Selasa (9/10).

Karena itu, Pemuda Muhammadiyah mengingatkan agar semua pihak tidak menggunakan hukum sebagai alat permainan. Menurut dia, sudah terang di mata publik yang dilakukan Amien Rais semata-mata bentuk respon atas pengaduan seseorang yang mengaku teraniaya, dan ditujukan untuk menegakkan keadilan semata. Sehingga sudah menjadi watak kader Muhammadiyah yang responsif dan peduli terhadap siapa saja yang mengadu dan memohon pertolongan.

“Watak itu pula yang melandasi kader Muhammadiyah mengupayakan berbagai advokasi terhadap para pencari keadilan, termasuk Siyono dan Novel Baswedan,” tuturnya.

Lanjut Ahmad Fanani, hukum ditegakkan untuk mencari keadilan, bukan sebagai alat permainan. Menurutnya, Amien Rais merupakan simbol watak kader Muhammadiyah. “Kami tersinggung jika langkah upaya beliau sebagai seseorang yang kritis dan peduli pada ketidakadilan dikriminalisasi,” tutup Wakil Direktur Madrasah Anti Korupsi.(rol)