Sambangi Jatim, Ma’ruf ke Basis NU, Sandiaga ke Muhammadiyah

Dua calon wakil presiden berlawanan, Ma’ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno, berkunjung ke Jawa Timur pada Kamis, 27 September 2018. Ma’ruf menyapa warga di basis Nahdlatul Ulama, sementara Sandiaga menyapa komunitas milenial dan warga Muhammadiyah.

Sesuai jadwal safari yang diterima wartawan, calon presiden nomor urut satu, Ma’ruf Amin, akan berkeliling Jatim selama tiga hari, Kamis-Sabtu, 27-29 September 2018. Pada Kamis, dia bersilaturahmi di Pesantren As-Shiddiqi, Pesantren Nurul Islam, dan Pesantren Al Qodiri, semua di Kabupaten Jember.

Pada Jumat, 28 September, Ma’ruf melanjutkan silaturrahim di Jember, yakni di Pesantren Assunniyah dan kantor Pengurus Cabang NU Kencong. Pasangan Jokowi itu lalu melanjutkan silaturrahim di Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, setelah itu ke Pesantren Sidogiri di Pasuruan.

Pada Sabtu, 29 September, giliran Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo didatangi Ma’ruf. Mantan rais aam NU itu memungkasi acaranya dalam acara Partai Kebangkitan Bangsa di DBL Arena Surabaya.

Zulkifli Hasan Bilang Tak Gentar Jokowi Didukung Keluarga Gus Dur Di hari yang sama, Sandiaga Salahuddin Uno, juga bersafari di Jatim. Kota pertama yang dikunjungi ialah Surabaya, yakni menghadiri diskusi millenial di Kafe Satu Atap, silaturrahim di kantor Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur di Jalan Kertomenanggal. Malamnya, Sandi akan hadir di konsolidasi partai di Gedung Juang 45 dan menyapa pedagang Pasar Jagir, Wonokromo.

Bendahara Dewan Pimpinan Daerah PAN Jatim, Agus Maimun, mengatakan bahwa Sandiaga akan keliling Jatim sampai Minggu, 30 September. Setelah Surabaya, Jumat sampai Minggu, 28-30 September, Sandiaga akan berkeliling dari kawasan tapal kuda di Probolinggo, berputar ke Mataraman, kawasan pantai utara dan terakhir Madura.