Muhammadiyah Cilacap Lepas 133 Calhaj KBIH Al-Mabrur

Sangpencerah.id – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Cilacap secara resmi melepas 133 jamaah calon haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Mabrur tahun 2018, Minggu (15/7/2018).

Hal ini menjadi rangkaian Silatuhrrahim PDM Kabupaten Cilacap di komplek Gedung Patra Ria, Pertamina RU IV Cilacap.

Simbolis pelepasan dilakukan dengan penyerahan 3 bendera KBIH Al Mabrur kepada 3 Ketua Rombongan (Karom) masing-masing oleh Ketua PDM Kuswan Hassan, Ketua Persatuan Pondok Pesantren Muhammadiyah KH Yunus Muhammadi, dan Sekda Cilacap Farid Ma’ruf yang mewakili Bupati Tatto Suwarto Pamuji.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan buku manasik haji dari PDM kepada para Karom.

Ketua PDM Cilacap, Kuswan Hasan dalam laporannya menyebutkan jamaah calon haji KBIH Al Mabrur seluruhnya tergabung dalam kloter 95 SOC.

“Alhamdulillah, jamaah calon haji Muhammadiyah dari KBIH Al Mabrur tahun ini tergabung dalam satu kloter 95. Sesuai jadwal insya Alloh berangkat hari Selasa, 14 Agustus 2018” kata Kuswan.

Sekda, Farid Ma’ruf saat membacakan sambutan Bupati Tatto Suwarto Pamuji berpesan agar jamaah calon haji menjaga nama baik Kabupaten Cilacap selama menunaikan ibadah haji di tanah suci.

“Pesan Bupati, jaga nama baik Kabupaten Cilacap selama di tanah suci. Kami juga sampaikan selamat menunaikan ibadah haji. Semoga mendapat perlindungan dari Alloh SWT dan pulang mendapatkan predikat haji dan hajjah Mabrur” ujar Sekda.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Cilacap Jamun Effendi dalam sambutannya menyebutkan ada 800 lebih jamaah calon haji Kabupaten Cilacap yang siap diberangkatkan tahun ini.

“800 jamaah calon haji Cilacap terbagi dalam 3 kloter terakhir, yakni 93, 94 dan 95. Hikmahnya, jamaah sampai di tanah suci, seminggu kemudian langsung mengikuti rangkaian prosesi haji” tuturnya.

Kegiatan dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Tetty Rohatiningsih Suwarto Pamuji, pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkpoimda), ormas Islam, perwakilan partai politik sertai ribuan jamaah, simpatisan dan warga Muhammadiyah.

Sementara Ketua Persatuan Pondok Pesantren Muhammadiyah KH Yunus Muhammadi dalam tausiyahnya menyoroti geliat pondok pesantren Muhammadiyah di Indonesia yang terus berkembang pesat.

Dalam kesempatan itu, pengasuh Pondok Pesantren Imam Syuhodo Sukoharjo ini juga mengingatkan jamaah calon haji Al Mabrur untuk benar-benar meluruskan niat berangkat ke tanah suci, semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT.(infocilacap)