Bupati Ansharuddin Resmikan Masjid Muhammadiyah di Balangan

Sangpencerah.id – Setelah sekian lama, akhirnya pembangunan masjid Muhammadiyah di Kabupaten Balangan yang diberi nama Masjid Al Jihad telah selesai.

Peresmian masjid yang berlokasi di Desa Haur Batu Paringin Kota ini langsung dilakukan oleh Bupati Balangan H Ansharuddin, kemarin Jumat (27/7/2018).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ansharuddin mengucapkan selamat kepada warga Muhammadiyah atas selesainya pembangunan masjid ini.

Disampaikannya, bahwa niat dan usaha keras untuk mewujudkan tempat ibadah ini patut mendapat penghargaan, karena keberadaan masjid ini tentu akan dapat dimanfaatkan bukan saja oleh warga Muhammadiyah, tetapi juga oleh masyarakat Desa Haur Batu dan sekitarnya, baik untuk kepentingan peribadatan maupun untuk kegiatan sosial yang positif.

“Kami ingin berpesan jangan sampai tenaga waktu, dana, dan berbagai sumber daya yang sudah dicurahkan untuk membangun masjid ini hanya berujung pada sebuah masjid yang sepi kegiatan,” ujarnya.

Oleh karena itu, semua sepakat masjid yang indah dan makmur adalah masjid yang banyak kegiatan positifnya, baik itu keagamaan maupun sosial, dan tentu yang banyak jamaahnya setiap kali waktu salat.

Oleh sebab itu, memakmurkan masjid adalah tanggungjawab bersama setiap muslim yang berada di sekitar masjid.

Menurut Ansharuddin, kehadiran Masjid Al Jihad Muhammadiyah ini istimewa, karena dibangun oleh warga Muhammadiyah, di Balangan maupun daerah di Kalsel warga Muhammadiyah eksistensinya cukup kuat, baik aspek akidah maupun organisasi.

Dengan berdirinya masjid ini Insya Allah eksistensi Muhammadiyah di Bumi Sanggam akan semakin kuat.

“Saya berharap sesuai fungsinya masjid ini menjadi tempat ibadah masyarakat dan harus bisa memakmurkannya,” katanya.

Kemudian masjid sebagai tempat dakwah hendaknya juga dimanfaatkan untuk menggali dan mempelajari akidah syariah dan jangan membedakan masalah khilafiah.

“Dan juga berfungsi sebagai sarana sosial untuk menghimpun dana untuk fakir miskin, zakat infaq dan sadaqah,” tutupnya.(tribun)