Soetrisno Bachir Buka Wiramuda Business Forum

Wiramuda Indonesia menggelar acara Wiramuda Business Forum di AONE Hotel (14/5) yang dibuka resmi oleh Soetrisno Bachir. Acara ini merupakan forum silaturahmi dan berbagi pengalaman antar wirausaha muda yang tergabung dalam Wiramuda Indonesia di Jabodetabek.

Dalam sambutannya Soetrisno Bachir menyampaikan bahwa sebagai organisasi bisnis, Wiramuda harus mendorong tumbuh kembang kewirausahaan di kalangan muda. “Sampai hari ini, jumlah wirausaha di Indonesia masih sangat sedikit, dibawah tiga persen, jauh tertinggal dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Thailand diatas empat persen”, ungkap Ketua Dewan Pembina Wiramuda tersebut.

Soetrisno Bachir yang juga menjabat sebagai Ketua KEIN mengungkap faktor kelahiran para pengusaha. “Ada tiga faktor yang melahirkan pengusaha. Pertama, mereka memang dilahirkan dari keluarga pengusaha. Banyak pengusaha di negeri ini yang lahir dari keluarga pengusaha, seperti Yusuf Kalla, Aburizal Bakrie dan saya sendiri. Kedua, mereka yang biasa bergaul atau berada di lingkungan para pembisnis. Contohnya, sopir saya. Ketiga, mereka yang belajar atau kuliah bisnis. Biasanya mereka bergelar MBA. Kadang mereka menjadi profesional terlebih dahulu. Contohnya, Sandiaga Uno”, ceritanya. Soetrisno Bachir berharap Wiramuda Indonesia mampu menjadi organisasi bisnis yang mencetak banyak wirausaha-wirausaha muda yang tangguh dan handal di tengah persaingan bisnis melalui media digital yang semakin ketat.

Hal senada juga disampaikan Khoirul Muttaqin, Ketua Umum Wiramuda Indonesia. Menurutnya, darimana pun para pengusaha dilahirkan, penting untuk terus belajar. “Bisnis bukan semata soal gen atau kebiasaan seperti pedagang di pasar. Banyak pengusaha yang lahir dan sukses besar belakangan justru karena mereka mau belajar, baik melalui pendidikan formal, privat dengan seorang coach, mengikuti berbagai pelatihan atau forum bisnis, atau otodidak lewat baca buku dan internet. Bisnis itu ada ilmunya dan bisa dipelajari sehingga lebih mudah diwujudkan dan cepat dikembangkan”, ungkapnya.

Khoirul berharap seorang negarawan dan pengusaha sukses seperti Soetrisno Bachir yang memiliki perhatian besar bagi pengembangan SDM pelaku bisnis, khususnya wirausaha muda dapat menjadi pemimpin di Indonesia. “Kita butuh pemimpin seperti Mas Tris, agar tumbuh kembang ekonomi dan dunia usaha di negeri ini bisa bergerak lebih cepat dan lebih baik”, tambahnya.