Pemuda Muhammadiyah Pemalang Kumpulkan 300 UMKM se-Jateng

Sangpencerah.id – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Pemalang terus memaksimalkan gerakan dakwah di semua lini kehidupaan, salah satunya PDPM menggelar silaturahmi pengusaha dan usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) se-Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat 7 April 2018 bertempat di aula Pondok Pesantren Al Manaar Muhammadiyah Pemalang Jalan Markisa Kebondalem Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian milad Pemuda Muhammadiyah yang jatuh pada bulan Mei, seperti yang disampaikan ketua PDPM Pemalang M.Abdul Ajiz, “ kegiatan ini kita selenggarakan sebagai start rangkaian kegiatan milad Pemuda Muhammadiyah dan untuk menggerakan praktisi UMKM khususnya di Pemuda Muhammadiyah” tegasnya. Hal senada juga disampaikan M.Basir selaku panitia bahwa dengan kegiatan ini mudah- mudahan akan semakin kuat pengusaha Muhamamdiyah khususnya dikalangan anak muda.

Silaturahmi pengusaha dan UMKM ini dihadiri langsung ketua umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak dan Ahmad Fanani, Ketua PP Pemuda Muhammadiyah bidang ekonomi dan kewirausahaan. Dalam paparannya Dahnil Anzar Simanjuntak menyampaikan harapan yang besar kepada UMKM khususnya dilingkungan Muhammadiyah agar bisa mampu menjadi solusi kebangkitan umat.

Peserta yang hadir merupakan praktisi UMKM yang berasal dar Kab. Brebes, Kab.Tegal, Kota Tegal, Kab.Pemalang, Kab. Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Kab.Batang. Adapun peserta yang hadir tidak kurang dari 300-an praktisi UMKM. Dimana yang hadir rata- rata dari kalangan Pemuda Muhammadiyah.

Antusiasme ini linear dengan harapan peserta yang hadir dimana hampir semua peserta berharap adanya sinergitas antar pelaku UMKM dilingkungan Muhammadiyah khususnya diwilayah Jawa Tengah. Hal tersebut seperti yang disampaikan salah satu peserta dari Kota Pekalongan Fauzan Amin, “ kami berharap sekali dengan silaturahmi antar pengusaha UMKM ini, khususnya di lingkungan Pemuda Muhammadiyah akan terjadi sinergitas antar pengusaha” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Inu salah satu peserta dari Pemuda Muhammadiyah Brebes, Inu berharap dengan kegiatan semacam ini pemuda Muhammadiyah semaki kuat, baik silaturahminya, kegiatanntya lebih- lebih semakin kuat gerakan ekonominya.

Dalam wawancara ketua panitia Mukhsinin bertermia kasih kepada seluruh peserta yang hadir karena kerja singkat panitia selama satu minggu direspon antusias oleh para pelaku UMKM khusunya di lingkunagan Muhammadiyah.

Mukhsinin meyakini sinyal ini akan menggema keseluruh nusantara bahwa UMKM Muhammadiyah di wilayah Jawa Tengah khsususnya Pantura siap menjadi motor gerak ekonomi. Mukhsinin juga menyampaikan harapannya semoga dakwah ekonomi dikalangan pemuda Muhammadiyah semakin menguatkan gerak dakwah dan kebangkitan umat menuju masyarakat yang berkemajuan.(red)