Niken Wulandari, Mahasiswi UAD Terpilih Jadi DSC Google

Sangpencerah.id – Prestasi gemilang diraih Niken Wulandari. Berkat kerja kerasnya, mahasiswi aktif semester 6 Program Studi Sistem Informasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta ini, memperoleh kepercayaan dari Google sebagai Lead for Developer Student Clubs (DSC) untuk kampus UAD.

Menurut Niken, DSC merupakan program pengembang Google untuk mahasiswa universitas, yang dirancang untuk membantu mereka dalam mempelajari ketrampilan pengembangan aplikasi seluler dan web.

Dan, program DSC ini bersifat terbuka untuk semua mahasiswa: mulai dari pengembang pemula — yang baru memulai — hingga pengembang tingkat lanjut yang ingin meningkatkan ketrampilan mereka.

“Hal ini dimaksudkan untuk menjadi ruang bagi mahasiswa dalam belajar dan berkolaborasi ketika mereka memecahkan masalah pengembangan seluler dan web,” jelas Niken Wulandari, Kamis (19/4/2018) di Kampus 3 Jl Glagahsari, Yogyakarta.

Dan atas prestasinya itu, mahasiswi asal Magelang, Jawa Tengah, memperoleh kesempatan untuk mengikuti Developer Student Clubs (DSC) Leader Summit 2018 yang diselenggarakan di Denpasar, Bali, pada Maret 2018 lalu.

Bagi Niken Wulandari, kegiatan itu merupakan ajang berkumpul bagi para googlers (sebutan untuk para karyawan dan developer google) dari berbagai negara: Canada, US, India dan Singapore.

“Fokus kegiatan itu adalah seminar dan workshop tentang web apps development, android apps development, machine learning, google cloud platform advanced skill dan leadership,” terang Niken.

Kini, tugas utama Niken — panggilan akrab Niken Wulandari — sebagai DSC Leader adalah membentuk core-team dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam pengembangan web dan aplikasi seluler.

Niken menjelaskan,  core-team DSC UAD Yogyakarta terbuka bagi siapa saja dan mahasiswa UAD yang berminat untuk mengelola sharing-event untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam pengembangan aplikasi.

Sementara itu, Mursid Wahyu Hananto, Kepala Program Studi Sistem Informasi FMIPA UAD, mengatakan, Prodi sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh DSC UAD. “Saya harapkan dapat berkolaborasi dengan komunitas mahasiswa di sistem informasi seperti Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi agar dampak positif bagi mahasiswa sistem informasi dapat dirasakan manfaatnya,” papar Mursid Wahyu Hananto.(mediamu)