Muhammadiyah : Hasil Hisab, Awal Puasa dan Lebaran 2018 Insyaallah Bersamaan

Sangpencerah.id – Melalui metode hisab, PP Muhammadiyah lewat Majelis Tarjih telah menentukan awal Ramadan, Idul Fitri dan Idul Adha 2018. Diperkirakan organisasi lain yang menggunakan lain juga akan menetapkan pada hari yang sama.

“Muhammadiyah sudah mengeluarkan hasil tarjih tentang awal Ramadan, 1 Syawal dan 10 Zulhijah (1439 H),” kata Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir di kediamannya di Bantul, Selasa (17/4/2018).

Lebih lanjut, Haedar memperinci bahwa 1 Ramadan akan jatuh di hari Kamis pahing pada 17 Mei 2018 dan 1 Syawal jatuh di hari Jumat Legi pada 15 Juni 2018. Sedangkan Idul Adha atau 10 Zulhijah jatuh di hari Rabu wage, 22 Agustus 2018.

“Itu (17 Mei 2018) awal ketika umat Islam berpuasa. Insyaallah mungkin yang lain akan sama,” lanjutnya. Haedar menjelaskan, pengumuman awal bulan termasuk bulan Ramadan dengan metode hisab adalah hal yang lumrah bagi Muhammadiyah. Bukan sesuatu yang luar biasa. Metode tersebut bisa menjadi pendidikan bagi masyarakat agar terbiasa dengan perhitungan.

“Apalagi ke depan ya, dunia itu akan memerlukan kepastian. Kalau Anda ingin pergi ke luar negeri, mau haji, mau umrah, mau ke mana saja perlu kepastian tanggal, kapan Anda berangkat,” tutupnya.(dtk)