Kaki Patah, Siswa SMA Muhammadiyah Ini Tetap Ikuti UNBK

Sangpencerah.id – Meski kaki patah akibat kecelakaan, Alam Rustam Listiyanto, siswa SMA  Muhammadiyah 4 Kendal, tetap ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer. Alam terpaksa diantar jemput mobil ambulans milik PMI ke sekolah dan harus ditandu karena tidak bisa berjalan.

Mobil ambulans milik PMI Kendal ini menjemput Alam di rumahnya di Desa Cepiring, Kecamatan Cepiring, Kendal, satu jam sebelum pelaksanan UNBK. Alam tercatat peserta UNBK di SMA Muhammadiyah 4 dan masuk sesi kedua pukul 10.

Dari rumahnya, Alam ditandu dan naik ambulans bersama tim kesehatan PMI Kendal. Sesampainya di sekolah, meski menahan sakit Alam tetap bersemangat dan ditandu menuju ruang komputer yang berada di Lantai 2 SMA Muhammadiyah 4 Kendal.

Di ruang ujian, pihak sekolah sudah menyiapkan tempat duduk yang lebih nyaman dengan ditambah satu kursi lagi untuk menopang kaki yang patah. Orang tua juga ikut memberi semangat kepada Alam untuk bisa mengikuti UNBK.

Menurut Enny Listyorini, anaknya setelah menjalani operasi akibat kecelakaan sudah bersemangat untuk tetap ikut UNBK sesuai jadwal. Bahkan, saat menjalani perawatan di rumah sakit, Alam meminta kepada dokter agar sesegera mungkin dioperasi sehingga bisa ikut UNBK.

Alam memang tdak mau mengikuti ujian nasional susulan dan tetap ikut ujian nasional bersama teman-temannya.

Kepala SMA Muhammadiyah 4 Kendal Slamet Purwanto menjelaskan, tidak ada ruangan khusus untuk Alam. Kebetulan tempat duduk Alam berada di urutan belakang, sehingga memungkinkan untuk ditambah kursi lain sebagai penopang.

Pihak sekolah mengapresiasi semangat Alam yang tetap ikut UNBK meski dengan kondisi yang masih sakit. Pihak sekolah sebenarnya bisa meminta Alam mengikuti ujian di rumah, namun butuh prosedur yang lebih rumit.(sindo)