Beginilah Cara RS PKU Muhammadiyah Solo Peringati Hari Kartini

Peringatan Hari Kartini juga dilakukan oleh RS PKU Muhammadiyah Solo tepat hari ini Sabtu (21/4/2018). Yakni berupa acara Pojok Edukasi Sehat dengan tema “Bijak Dalam Menggunakan Antibiotik”.

Acara digelar di area ruang tunggu Poliklinik Lt. 2 Gedung C RS PKU Muhammadiyah Solo. Hadir dalam acara meliputi pengunjung dan pasien RS PKU.

Selain itu, dua pembicara yaitu dr. Utama, Sp.B selaku Ketua Tim Program Pengendalian Resistensi Antibiotik (PPRA) serta Hadi Cahyo, S.Farm. Apt selaku Apoteker RS PKU.

Dalam materinya, dr. Utama menyampaikan pentingnya penggunaan antibiotik yang bijak pada masyarakat. Di antaranya tentang penggunaan antibiotik wajib dengan resep dokter, antibiotik yang diberikan harus dihabiskan dan tidak boleh diberikan pada orang lain.

Hal itu dikarenakan berpengaruh terhadap resistensi obat yaitu kekebalan tubuh terhadap suatu obat. dr Utama mengungkapkan, resistensi obat penting untuk mengetahui obat dapat diterima atau sudah tidak mempan lagi bagi tubuh.

“Jika saat kita sakit tertentu dan tidak menghabiskan antibiotik yang diberikan, maka saat kita mengalami sakit yang sama kembali maka antibiotik tersebut sudah tidak mempan lagi dan dosisnya akan ditingkatkan. Itulah pentingnya mengkonsumsi antibiotik dengan tepat.”jawabnya.

Sementara Hadi Cahyo, S.Farm, Apt, menambahkan perihal penggunaan antibiotik. “Penggunaan antibiotik adalah dengan ‘DaGuSiBu’ yaitu dapatkan obat dengan resep dokter, gunakan sesuai dengan anjuran dan perintah, simpan ditempat yang aman serta buang jika sudah tidak digunakan,” bebernya.

Adapun pengunjung yang menghadiri acara tersebut terlihat sangat antusias. Dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada kedua pembicara.(tribun)