Sejarah Berdirinya IMM Telkom, Menancapkan Trilogi di Kampus Teknologi

Sembilan tahun silam, tepatnya tahun 2009 jadi waktu yang penuh bersejarah, seorang temen kuliah dari Imogiri, Bantul bernama Ardi Fajar Gunawan mengajak saya untuk mendirikan IMM di Institut Teknologi Telkom pada saat itu. Dahulunya STT Telkom, sekarang sudah ganti lagi jadi Telkom University.

Saya sempat berpikir sejenak mengiyakan ajakan Ardi, soalnya kita hidup di perantauan Tanah Sunda dan di kampus sudah ada organisasi ekstra yang sudah mapan. Rasanya berat untuk memulai dengan segelintir orang. Bismillah, akhirnya saya terima ajakannya untuk bersama teman-teman lainya merintis berdirinya IMM di kampus teknologi ini.

Alhamduliilah diawali pertemuan intens Kami berenam (immawan :4, immawati :2) yang kebetulan semua perantau dari Jawa : Ahmad H. Machsuni, Ardi Fajar Gunawan, Labib Khairuddin, Arif Qodari, Nurul Azizah , Alfi Mutiari bersama-sama resmi mendirikan Pimpinan Komisariat IMM IT Telkom pada awal tahun 2010.

Tak lupa peran penting kang Yadi Kusnadi Al-Haddad yang terus menggembleng kami. Kang Haddad merupakan putra asli Ciparay, Kab.Bandung yang saat itu menjadi Ketua PC IMM Kab.Bandung. Beliau yang memberikan motivasi dan info peta dakwah di Bandung.

Sambil paralel pendirian PK IMM ITT Telkom, kami juga diajak mengaktifkan kembali PC IMM Kab.Bandung yang kebetulan “mati suri”. Kami semua juga resmi jadi pengurus PC IMM Kab.Bandung. Itulah dinamika di daerah yang tak selamanya berjalan ideal. Kami pun langsung ditunjuk jadi panitia lokal Muktamar IMM tahun 2010 di Lembang, Bandung.

Waktu terus berjalan, kami terus mengajak teman-teman lainnya yang punya irisan dengan Muhammadiyah seperti Rasif Andi, Lutfi Nurdianchah, Jati Ridho Indrawan, Dzikrina Khoirunnisa, Innayah Nurlia Roza, dll dengan melakukan kegiatan IMM yang bernilai religiusitas, intelektualitas dan humanitas.

Alhamdulillah tahun ini sudah masuk tahun ke-9, tahun demi tahun anggota IMM semakin bertambah, banyak mahasiswa yang tertarik untuk aktif di IMM Telkom University khususnya, PC IMM Kab.Bandung pada umumnya.

Di sinilah perjuangan dimulai, di IMM saya belajar bagaimana berorganisasi dengan memadukan religiusitas, intelektualitas dan humanitas. Disinilah saya semakin mantap memilih gerakan Muhammadiyah dalam memperjuangkan Islam di Indonesia.

Selamat Milad ke 54 IMM-ku
Fastabiqul Khairat !!!!

#IkatanMahasiswaMuhammadiyah
#Milad54IMM
#JasMerahBerdiaspora

Jakarta, 14 Maret 2018

*) Salah Satu Pendiri IMM Telkom University ; Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah