Terus Berkembang, Minimarket Muhammadiyah Hadir di Banjarbaru

Tabligh Akbar dan Peresmian Surya Mart (Foto: Banjarmasin Post)

SangPencerah.id-Wali Kota Banjarbaru kembali meresmikan Surya Mart di Cindai Alus Banjarbaru Timur, Minggu (04/02/2018). Surya Mart yang merupakan bagian dari koperasi Muhammadiyah Banjarbaru ini diharapkan Wali Kota Banjarbaru, H Nadjmi Adhani bisa berdiri di tempat lain selain di Banjarbaru Timur.

“Ini bentuknya koperasi berbeda dengan minimarket modern seperti Alfamart dan Indomaret,” ujarnya. Sudah dua tahun tambahnya kebijakan moratorium berdirinya retail modern tak pernah dicabut.

“Saat saya menjadi wali Kota sudah ada izin 120 retail modern, sejak itu saya moratorium hingga sekarang,” jelasnya. Retail modern ungkapnya mengganggu tumbuh kembang usaha masyarakat khususnya warung kelontongan.

Pemkot Banjarbaru jelasnya bukan anti retail modern namun hanya membatasi retail modern. Dengan pembangunan Surya Mart yang dibangun dengan izin usaha koperasi diharapkan akan muncul usaha-usaha baru berbasis koperasi yang mensejahterakan anggotanya khususnya masyarakat.

“Mungkin nanti bisa di Landasan Ulin, Cempaka, Lianganggang atau di Loktabat Selatan,” ujarnya. Sementara terkait tablig Akbar yang diisi oleh PP Muhammadiyah yaitu Faturrahman Kamal, Nadjmi berharap bisa mendukung visi misi Kota Banjarbaru menjadi kota pendidikan yang berkarakter. “Beretika, sopan santun, mencintai tanah air, lingkungan dan bisa berwirausaha, mudah-mudahan ini bisa terus dilakukan kita bersama-sama,” tambahnya (sp/tb)