Ratusan Siswa Ikuti Olimpiade Sains Pelajar Muhammadiyah

Sangpencerah.id – Sebanyak 480 pelajar Muhammadiyah se-Kota Medan mengikuti Olimpiade Sains Pelajar Muhammadiyah (OSPM) di Gelanggang Remaja Jalan Sutomo Ujung Nomor 63, Medan.

Olimpiade ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan Persatuan Alumni Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PENA IPM) dengan bimbingan belajar (Bimbel) POSITRON bekerjasama dengan Majelis Dikdasmen PDM Kota Medan.

Olimpiade ini diselenggarakan dengan tujuan menjaring dan melihat potensi-potensi siswa-siswi di bidang olimpiade, khususnya pelajar-pelajar sekolah muhammadiyah.

“OSPM ini bekerjasama dengan PENA IPM, Dikdas Muhammadiyah dan Bimbel POSITRON. Tujuannya untuk menjaring atau melihat potensi siswa-siswi di bidang olimpiade. Pada dasarnya di Sumut, dan di Indonesia ada yang namanya Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kita ingin muhammadiyah berperan aktif, sehingga kita buatlah simulasi seperti ini,” ujar Pimpinan Bimbingan Belajar POSITRON Fajar Affandi, Senin (26/2/2018).

Olimpiade ini diikuti oleh seluruh siswa dan siswi sekolah muhammadiyah se-Kota Medan, mulai dari tingkat SD hingga SMA sederajat.

Ada 11 bidang yang dibuka, yaitu dua bidang untuk tingkat SD, yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk SMP, yaitu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan IPA.

Sementara untuk SMA sederajat, bidang yang diikutsertakan dalam olimpiade adalah Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Ekonomi.

“Ke depannya harapan kita sebagai penyelenggara, siswa muhammadiyah bisa berperan aktif untuk mendapatkan prestasi di Olimpiade Sains Nasional,” ujar Fajar.

Fajar menjelaskan, setiap siswa diberikan waktu mengerjakan soal-soal selama 2 jam. Masing-masing diberikan variasi soal yang berbeda-beda. Pemenang dari Olimpiade Sains Pelajar Muhammadiyah (OSPM) ini juga diumumkan pada hari yang sama.

“Selama ini muhammadiyah kurang berperan aktif dalam mencetak prestasi olimpiade di tingkat nasional maupun internasional. Jadi harapan kita ke depannya ini muhammadiyah itu ada namanya di tingkat nasional. Di OSN ada nama siswa muhammadiyah yang muncul untuk ke depannya,” ucap Fajar.

Selain event Olimpiade Sains Pelajar Muhammadiyah (OSPM), pada hari yang sama juga dilaksanakan kegiatan Pelantikan Koordinator Daerah PENA IPM Kota Medan periode 2017–2019. PENA IPM merupakan wadah bagi alumni-alumni pelajar Muhammadiyah.

Organisasi ini bergerak di banyak bidang, salah satunya pendidikan. Satu di antara kegiatan PENA IPM adalah melaksanakan OSPM tersebut. Ke depannya, PENA IPM akan mengadakan event serupa bertajuk Olimpiade Sains KH Ahmad Dahlan yang akan diselenggarakan pada tahun 2019 mendatang.

Pelantikan Pengurus PENA IPM kota Medan dihadiri oleh Ketua PDM Kota Medan Anwar Sembiring, Korwil PENA IPM Sumut Besri, mewakili Majelis Dikdasmen Kota Medan Syufri Polem, para alumni IPM Kota Medan serta perwakilan dari lembaga-lembaga pendidikan Muhammadiyah sepembinaan dikdasmen PDM Kota Medan.(sp/tribun)