Universitas Muhammadiyah Purwokerto Buka Empat Prodi Magister Baru

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Sangpencerah.id – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jawa Tengah tidak hanya mengembangkan diri dengan membuka program studi S-1 baru, namun juga merambah pada program S-2.

“Mulai 2018 ini, kita akan membuka empat program studi baru untuk tingkat magister atau S2,” jelas Rektor UMP, Dr Syamsuhadi Irsyad, saat meluncurkan pembukaan empat prodi tersebut, Rabu (10/1).

Keempat prodi magister yang mulai 2018 ini akan menerima mahasiswa baru tersebut, terdiri dari Program Studi Magister Manajemen (MM), Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Program Studi Magister Pendidikan Dasar, dan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

Pembukaan keempat prodi baru ini, menurut rektor, didasari Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Nomor 582/KPT/I/2017 (MM dan IPS), 617/KPT/I/2017 dan 524/KPT/I/2017. ”Dengan dibukanya empat prodi baru program magister, berarti di UMP ada lima prodi magister. Yang pertama ada lebih dulu, adalah Prodi Magister Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Selain empat prodi magister yang dibuka mulai tahun ini, rektor juga menyebutkan, ada satu prodi S-1 yang juga sudah mendapat izin. Yakni, Prodi S1 Kebidanan, sehingga lulusan mahasiswa D-3 Kebidanan dari UMP bisa langsung melanjutkan pendidikannya.

Bersamaan dengram itu, rektor juga melaunching beberapa pusat studi untuk melengkapi kegiatan akademik di UMP. Pusat studi yang dibentuk, antara lain Pusat Studi Ekonomi Kesehatan dan Pusat Studi Demokrasi dan Kebijakan Publik (PSDKP UMP).

”Kita juga mendirikan lembaga Sentra HAKI yang nantinya akan bertugas membantu temuan-temuan peneliti UMP agar memiliki paten,” kata dia.

Dengan pendirian pusat studi tersebut, rektor berharap akan semakin banyak riset yang dilakukan civitas akademika UMPO. Hal ini sangat penting, karena akan mendukung tujuan jangka panjang UMP menjadi universitas unggulan di level nasional dan internasional di 2021.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UMP, Dr Anjar Nugroho, menyebutkan selain memperbanyak program studi yang dikelola UMP, pihaknya juga terus menerus berupaya agar akreditasi prodi yang ada di UMP dapat terus ditingkatkan.

”Saat ini, sebagian besar prodi di UMP sudah berakreditasi B dan ada beberapa yang sudah A. Kami berharap, semua prodi di UMP kelak bisa memiliki akreditasi A,” katanya.(sp/rol)