Kalahkan Negeri, UM Palangkaraya Rangking 1 di Kalteng

SangPencerah.id– Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UM Palangkaraya) kembali mendapatkan pengakuan dari pihak eksternal. Kali ini dari situs 4ICU atau uniRank dengan alamat https://www.4icu.org/id/central-kalimantan/4 International Colleges & Universities (4ICU) merupakan direktori atau ranking perguruan tinggi di dunia yang dibuat oleh web 4icu.org. Mereka menyatakan kampus UM Palangkaraya sebagai kampus peringkat pertama di Kalteng.

Hasil tersebut diperoleh dari penilaian 4ICU berdasarkan performa website yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara. Ada empat indikator dalam penilaian yang dilakukan oleh 4ICU yaitu Google Page Rank, Alexa Global Rank, Majestic Referring Subnets dan Majestic Trust Flow.

Rektor UM Palangkaraya, Dr H Bulkani MPd merasa bangga dengan hasil yang telah diperoleh berdasarkan pemeringkatan 4ICU.

“Ini adalah bukti nyata UM Palangkaraya bisa bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kalteng, bahkan juga di tingkat Nasional,”  ujar H Bulkani.

“4ICU adalah pemeringkatan kampus berdasarkan penilaian dari situs/website suatu Universitas,” sambungnya.

Dijelaskannya, 4ICU adalah salah satu pemeringkatan yang sering dibahas di Indonesia ketika ingin mengetahui kualitas dari suatu perguruan tinggi. Hal tersebut sangat berguna bagi calon mahasiswa baru untuk melihat bagaimana kampus yang dia inginkan.

“Kita sangat intens dalam hal mengembangkan teknologi di kampus. UM Palangkaraya memiliki server sendiri untuk mendukung website kampus sehingga pengelolaannya bisa lebih maksimal,” tambahnya.

Selain peralatan yang memadai, UM Palangkaraya juga memiliki sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Setiap dosen memiliki blog dan email yang terhubung langsung dengan website kampus, yang memudahkan mahasiswa untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi kampus seperti materi perkuliahan.(sp/kprol)