500 Siswa SD Muhammadiyah Pakel Berkumpul di Sepanjang Jalan

Siswa SD Muhammadiyah Pakel saat mengikuti kegiatan di luar kelas

Sangpencerah.id – Sedikitnya 500 siswa SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Jogja mengikuti pembelajaran di luar kelas bersama salah satu produk sabun kesehatan di Lapangan Sidokabul dan sepanjang Jalan Pakel Baru yang berdekatan dengan sekolah, Senin (15/1/2018).

Siswa kelas 1 sampai 6 tersebut mengikuti berbagai kegiatan belajar dan bermain di luar kelas dengan tema Sehat Untuk Menjadi Cerdas.

 

Acara dimulai jam 07.30 WIB setelah anak-anak melaksanakan salat dhuha dan do’a bersama di masjid Mataram. Berbagai macam game disiapkan oleh panitia, diantaranya game puzzle dan estafet tepung. Selain itu siswa juga diajak belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan.

Ardan Fahrudin Koordinator Kesiswaan menjekaskan, aneka permainan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik siswa. Game puzzle misalnya, melatih anak akan berlatih untuk berfikir kritis dan teliti.

Mereka akan selalu mencoba secara terus menerus untuk bisa menyelesaikan game tersebut secara bersama-sama untuk mengalahkan tim lain. Game estafet tepung mengajari anak untuk berlatih bekerjasama dan fokus terhadap tujuan. Mereka akan banyak belajar meminimalisir kesalahan agar tidak terkena tepung.

“Sehingga game-game tersebut secara tidak langsung menenamkan kepada anak tentang pentingnya hudup teliti, fokus, mencari solusi dan senantiasa bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan,” terangnya dalam rilis solopos.com, Senin (15/1/2018).

Untuk menambah kemeriahan acara, lanjutnya, ditampilkan berbagai macam atraksi anak-anak yaitu Drumband, PKS (patroli keamanan sekolah), Hizbul Wathan, tari tunggal dan pencak silat tapak suci.
Antusiasme siswa semakin terlihat saat berbagai macam doorprize diberikan bagi mereka yang beruntung.

“Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, sebab mereka berusaha bermain sepenuh tenaga agar bisa menjadi juara,” kata Ardan Fahrudin.

Wida Kuncoro wali siswa kelas 5A SD Muhammadiyah Pakel menambahkan, kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari wali siswa, sebab mereka juga dilibatkan dalam kegiatan parenting hratis dengan tema Bahaya Gadget Terhadap Perkembangan Anak.

“Orang tua yang mengikuti parenting juga semakin tahu bahaya gadget bagi anak sehingga kita dapat selalu memberikan pengawasan terhadap anak saat menggunakan gadget,” ujarnya.

Dahuri selaku Humas SD Muhammadiyah Pakel mengatakan, anak bermain di lapangan, para orang tua mengikuti parenting di gedung baru Unit 3.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi semua agar ke depan anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang sehat dan terhindar dari pengaruh bahaya Gadget,” kata dia.(sp/solopos)