Pimda Tapak Suci Purworejo Raih 42 Medali Kejuaraan Nasional

sangpencerah.id – Pimpinan Daerah Tapak Suci 06 Kabupaten Purworejo dalam Yogyakarta Championship 2 (YKTC 2) tahun 2017 yang dilaksanakan pada 14-15 Oktober 2017 bertempat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mampu menghasilkan 21 medali emas, 14 medali perak dan 7 medali perunggu. Dalam kompetisi pencak silat yang mengangkat tema Berlomba dalam kebaikan dan prestasi ini, Pimda TS 06 Purworejo membawa sebanyak 45 peserta dengan mengikuti kategori tanding dan seni beregu. Disampaikan Mulwantoro Pimda TS 06 Purworejo bahwasanya kompetisi ini sebagai bentuk dakwah amar ma`ruf nahi ungkar.

“Ini amanah kepercayaan dengan ikut serta kompetisi ini dengan peserta dari beberapa sekolah dibawa pimpinan daerah. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung baik secara spiritual maupun material pada keikutsertaan kompetisi ini. Sehingga kami para offisial, manajer dan atlet dapat berikan hasil terbaik. Alhamdulillaah, pada kompetisi ini kami membawa 42 medali dari kategori yang diikuti,”ungkap Mulwantoro Pimda Tapak Suci 06 Purworejo.

Kompetisi ini berskala nasional dengan peserta datang dari berbagai macam daerah di Indonesia dengan jumlah kurang lebih 3.200 an peserta dengan institusi dan perguruan silat yang dilibatkan 274, serta jangkauan kategori yakni usia dini (SD), pra remaja (SMP), remaja (SMA) dan dewasa (Mahasiswa/Umum).

“Harapannya keikutsertaan ini dapat sebagai dakwah amar ma`ruf nahi mungkar melalui bidang keolahragaan pencak silat ini,”ungkap Mulwantoro.

Pencak silat yang merupakan budaya bangsa yang mengandung banyak unsur pembelajaran yang baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang sehat, jasmani dan rohani. Selain itu pencak silat juga sebagai salah satu cara yang bisa digunakan untuk melatih kepercayaan diri dan kecerdasan anak secara menyeluruh, bukan hanya fisik tapi juga mental bahkan spiritual serta tentang dilatih tentang kepemimpinan dan spiritual.

“Kegiatan ini luar biasa. Dimana diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia dengan kategori yang banyak juga. Hal ini dapat memacu sportivitas anak, semangat anak ke depannya bisa menjadikan anak lebih baik dan kegiatan semacam ini diharapkan dapat diselenggarakan secara berkala agar kreativitas jiwa bertanding anak terus tumbuh berkembang,” ujar Wawan Purwoko Pendamping dari SD Muhammadiyah Kutoarjo.

Adapun hasil kompetisi ini mendapatkan 21 medali emas, 14 perak dan 7 perunggu dengan rincian yakni dari SD Muhammadiyah Kutoarjo mendapatkan 8 emas dan 2 perak, SD Muhammadiyah Bayan mendapatkan 2 emas dan 1 perak, SD Muhammadiyah Purworejo mendapatkan 1 emas dan 1 perak, SD IT Salsabila mendapatkan 2 emas dan 3 perak, SMP Muhammadiyah Purwodadi mendapatkan 1 perunggu, SMP Muhammadiyah Butuh mendapatkan 2 emas dan 1 perunggu, SMP Muhammadiyah Jono mendapatkan 1 emas 2 perak 2 perunggu, SMP MBS Purworejo mendapatkan 2 perunggu, SMK Muhammadiyah Purwodadi mendapatkan 1 perak, SMA MBS Purworejo menapatkan 1 emas, TS UM Purworejo mendapatkan beregu seni putri emas dan beregu seni putri perunggu sedangkan tanding 1 emas 1 perak dan 1 perunggu, dan Pimda 3 emas. (sp)