Tahun Baru Hijriyah, Muhammadiyah Awali Pembangunan 2 Masjid Megah

Maket Masjid Kyai Sudja RS PKU Muhammadiyah Gamping (Foto: Dokumentasi RS PKU Muhammadiyah Gamping)

SangPencerah.id–  Mengawali tahun baru 1439 Hijriyah, Muhammadiyah di berbagai daerah terus menggeliat untuk mengembangkan amal usaha. Salah satu amal usaha yang dikembangkan untuk membentuk peradaban yang berkemajuan adalah masjid.

Masjid pertama yang didirikan Muhammadiyah hari ini adalah Masjid Kyai Sudja’ di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Acara peletakan batu pertama pembangunan masjid ini dihadiri langsung Ketua Umum PP Muhammadiyah, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah,  Bupati Sleman dan ratusan jamaah Muhammadiyah.

Masjid ini diberi nama KH Sudjak karena beliau merupakan tokoh Muhammadiyah yang juga sahabat dekat KH Ahmad Dahlan. KH Sudjak juga perintis dan pendukung gagasan pendirikan PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem),” jelas Haedar. Diharapkan masjid tersebut selain megah, juga makmur dan menjadi pusat transit umat yang melewati RS PKU Muhammadiyah, baik dari Yogyakarta atau yang hendak ke Yogyakarta. Apalagi lokasi ini dilewati jalur kendaraan yang menuju bandara baru di Kulonprogo.

Menurut Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping, Dokter Faisol, didirikannya Masjid KH Sudja’ untuk mengantisipasi diresmikannya bandara baru di Kulonprogo pada 2019. Masjid ini akan dilengkapi dengan rest area yang memadai untuk pengguna jalan. ‘’Insya Allah bisa lebih berguna,’’ katanya.  Masjid ini akan didirikan di atas tanah seluas 2.875 meter persegi dengan luas bangunan 2.600 meter persegi dan perkiraan biaya sekitar  Rp 15 miliar. Diharapkan dalam waktu setahun ini, masjid sudah selesai dibangun dengan dua sampai tiga lantai.

Nantinya, masjid tersebut diharapkan sebagai pusat kegiatan dakwah.  ‘’Karena masih ada lahan seluas 700 meter persegi yang milik orang lain dan diharapkan bisa dibeli, maka bangunan Masjid Sudjak merupakan bangunan tumbuh. Seandainya tanah tersebut sudah terbeli akan segera direalisasikan menjadi satu komplek Masjid Sudja’,’’ paparnya.

 

Masjid kedua yang juga dimulai pembangunannya hari ini (21/9) adalah Masjid Al Mustaqim yang dibangun dikawasan Muhammadiyah Boarding School Balikpapan. Masjid ini dibangun keluarga Muhammadiyah Balikpapan untuk menunjang aktivas pembelajaran santri dan untuk kegiatan-kegiatan Muhammadiyah.

Acara Tabligh Akbar yang dihadiri ribuan jamaah dan pembangunan Masjid Al Mustaqim ini menghadirkan Dr. King Faisal Sulaiman SH. LLM dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (sp/red)