Misi Kemanusiaan Muhammadiyah Berangkat ke Bangladesh

Tenaga Medis Muhammadyah untuk Rohingnya

sangpencerah.id –  PP Muhammadiyah dengan bendera MuhammadiyaAid melepas Tim Medis yang berangkat ke Distrik Cox’s Bazar, Bangladesh dalam misi kemanusiaan membantu para pengungsi Muslim Rohingnya yang terusir dari kampung halaman mereka di provinsi Rakhine, Myanmar pada hari ini Jum’at, 22 September 2017. Ratusan ribu pengungsi Rohingya yang menempati camp-camp pengungsian di wilayah Cox’s Bazar, Bangladesh hidup dalam kondisi sangat memprihatinkan. Tenda-tenda camp yang kurang layak membuat banyak pengungsi mulai diserang berbagai penyakit dan keluhan kelelahan fisik.

Tim Medis MuhammadiyahAid yang dipimpin oleh dr. Corona Rintawan beranggotakan tiga dokter dan sembilan perawat serta personel supervisi dari Lazismu berangkat ke Bangladesh dan langsung berkoordinasi dengan anggota MuhammadiyahAid yang telah berada di Dhaka sejak tanggal 17 September lalu. Tim MuhammadiyahAid bekerjasama dengan LSM lokal di Cox Bazar akan melakukan pelayanan kesehatan sekaligus memberikan bantuan obat-obatan dan makanan nutrisi balita.

Tim juga akan melakukan kajian mendalam untuk bantuan kemanusiaan jangka panjang dalam penanganan nasib Muslim Rohingnya di Myanmar.

Bantuan terhadap muslim Rohingy telah dilakukan Muhammadiyah sejak lama, pada bulan Januari 2017, MuhammadiyahAid telah melakukan need assessment diprovinsi Rakhine sebelum terjadinya exodus ratusan ribu penduduk ke Bangladesh dan bertemu dengan pemerintah lokal termasuk mengunjungi 5 camp IDPs untuk memberikan bantuan.

Pada bulan Mei 2017, MuhammadyahAid kembali ke Myanmar dan bertemu dengan 14 LSM lokal, LSM Internasional/PBB dan pemerintah kabupaten/kecamatan disana. Pada tahapan selanjutnya tentu masih akan menunggu political will dari Pemerintah Myanmar sekaligus kemudahan akses untuk masuk provinsi Rakhine.

MuhammadiyahAid merupakan komitmen PP Muhammadiyah dalam melaksanakan amanat Muktamar untuk turut aktif dalam bantuan kemanusian internasional.

Lazismu-lazismu di daerah memberikan kontribusi donasi yang sangat besar demi misi bantuan ini dan bersama dengan Majelis dan lembaga tingkat pusat dalam bendera MuhammadiyahAid menyalurkannya bagi saudara-saudara kita Muslim Rohingnya. Hingga Jumat 22 September 2017 puk 13.00, LAZIS MUHAMMADIYAH telah menghimpun dana kemanusiaan untuk Rohingya sejumlah Rp. 14,115,999,310.50 (1,051,079.62 USD) .

Misi kemanusiaan ini selaras dengan komitmen bangsa Indonesia yang sejak awal melalui Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia telah membuka dialog secara intensif dengan pemerintah Myanmar dan diikuti dengan pengiriman bantuan kebutuhan untuk pengungsi Rohingya.

Secara khusus PP Muhammadiyah menyampaikan terima kasih atas partisipasi serta keikhlasan bantuan terutama dari warga dan simpatisan Muhammadiyah juga Masyarakat secara umum. Bantuan kita semua insya Allah disalurkan kepada yang berhak yakni saudara-saudara kita Muslim Rohingnya.

Kontak Person: acting coordinator MuhammadiyahAid: Wachid Ridwan (081310030111)