Membanggakan, Film SMK Muhammadiyah Bobotsari Raih Juara I Nasional

Sutradara Film Nyatil

SangPencerah.id– Film pendek Nyathil produksi Saka Film, ekstrakurikuler sinematografi SMK Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga berhasil menyabet Pemenang I Kategori Fiksi pada ajang Lomba Film Pendek Pendidikan Anak dan Remaja 2017, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Penghargaan diserahkan saat kegiatan Apresiasi Pendidikan Keluarga pada Rabu siang, 9 Agustus 2017 di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Selain film pendek, penghargaan juga diberikan untuk lomba jurnalistik, sekolah keren, dan orang tua hebat.

“Senang dan bangga, karena film pendek kami tahun lalu belum banyak bicara. Ini saatnya kami membawa nama baik sekolah dan Purbalingga seperti yang sudah dilakukan sekolah-sekolah lain di Purbalingga lewat film,” ujar sutradara “Nyathil”, Anggita Dwi Martiana yang saat ini duduk di bangku kelas XII jurusan Akuntansi.

Nyathil berkisah tentang seorang pemuda desa bernama Ahmad yang berusaha membongkar dugaan praktik tindak pidana korupsi di desanya yang dilakukan kepala desa dan perangkatnya terkait program bantuan renovasi rumah warga miskin. Meski hal tersebut tak mudah karena ancaman bahkan secara fisik harus dialaminya.

Guru pembina ekskul sinematografi SMK Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga Dinar Anggraeni, S.Pd mengatakan, keberadaan ekskul sinematografi di sekolah mereka sebenarnya sudah cukup lama. Namun, baru dua tahun ini difasilitasi CLC Purbalingga.

“Kemenangan ini sekaligus pembuktian pada pihak sekolah bahwa keberadaan ekskul sinematografi penting untuk difasilitasi pihak sekolah,” tutur Dinar yang mengampu pelajaran Seni dan Budaya.

Baca juga : Film Produksi SMK Muhammadiyah Temanggung Raih Juara I Nasional

Film berdurasi sembilan menit ini sempat diikutkan pada Kompetisi Pelajar Banyumas Raya Festival Film Purbalingga (FFP) 2017, tapi belum beruntung. Film yang diproduksi awal tahun 2017 ini juga tengah mewakili Purbalingga pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017.(sp/ro)