Amien Rais: Ungkap Sosok Jenderal di Balik Kasus Novel

Amien Rais

Sangpencerah.id – Mantan ketua PP Muhammadiyah Amien Rais meminta, Polri untuk menanggapi serius pernyataan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan yang menduga adanya keterlibatan jenderal polisi dalam kasus penyiraman air keras. Dugaan tersebut sempat diungkapkan Novel pada sebuah media swasta beberapa waktu lalu.

Amien mendesak, agar Polri mengusut tuntas kasus penyiraman air keras terhadap Novel, dan tak ciut nyali jika dikemudian hari dugaan penyidik senior KPK itu benar adanya. “Kalau dibongkar nanti alangkah kita jadi malu, hina dina, ternyata ada seorang jenderal polisi yang merekayasa penyiraman air keras itu,” tutur.

Amien usai menjadi pembicara dalam orasi kebangsaan yang diselenggarakan oleh Forum Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Ahad (9/7) siang. Mantan ketua umum PAN itu pun mempertanyakan kinerja Polri dalam mengusut kasus itu.

Dia menilai, Polri seperti kesulitan untuk menuntaskan kasus itu. Padahal, Polri telah sering kali memecahkan kasus-kasus besar dan lebih rumit dibandingkan dengan penyiraman terhadap Novel. Hal tersebut, kata dia, menguatkan dugaan aktor besar dibalik tindak kriminal itu.

Lebih lanjut, Amien menduga setidaknya terdapat beberapa kasus besar yang juga menjadi latar belakang penyiraman air keras pada Novel. Amien menyebut, di antaranya menyangkut kasus korupsi BLBI, KTP elektronik, dan mafia daging.

“Dugaan Novel, saya kira betul ini ada seorang jenderal polosi yang memberikan instruksi penyiraman walaupun namanya masih teka-teki. Tapi, banyak orang yang sudah tahu,” katanya.(sp/rol)