SMA MUHA Rayakan Kelulusan dengan Pengajian, Baksos dan Aksi Lingkungan

SangPencerah.id– Sekolah memiliki metode sendiri-sendiri dalam penyampaian pengumuman kelulusan untuk siswa kelas XII. Di SMA Muhammadiyah 2 Jogja (Muha) penyampaian kelulusan untuk para siswa dilakukan di tempat yang jauh dari sekolah, di daerah Kulon Progo. Aksi seperti ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan sekolah ini, sebelum-sebelumnya sekolah ini juga melakukan hal serupa di daerah Gunungkidul.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Slamet Purwo mengungkapkan bila hasil UN Kelas XII SMA Muhammadiyah Yogyakarta mendapatkan hasil yang memuaskan. “Alhamdulillah, kami berhasil meluluskan 248 siswa-siswi Kelas XII tahun ini”, ujarnya.

Metode pengumuman sekolah islam favorit di Kota Yogyakarta ini terbilang unik. Pengumuman UN 2017 diawali dengan mengajak seluruh siswa ke daerah Kulon Progo. Berangkat bersama-sama dari sekolah di pagi hari, pelajar Kelas XII ini mengenakan  pakaian yang bebas, rapi dan sopan.  Adapun kegiatan KBM untuk kelas X dan XII di sekolah tetap berjalan normal.

Pengumuman ujian diawali dengan pengajian dan bakti sosial di Masjid Nurul Huda Dusun Bibis Desa Hargowilis,  Kokap. Berduyun-duyun masyarakat Bibis, Hargowilis pun sangat antusias menyambut aksi sosial pelajar Muhammadiyah ini.

Berikutnya dilanjut dengan penyampaian hasil ujian oleh wali kelas masing disertai lotisan dan makan-makan bersama. Suasana pun terjalin penih keakraban dan kekeluargaan. Para pelajar mempersiapkan buah-buahan dari rumah, di potong-potong dan dikonsumsi bersama.

Acara pun berlanjut dengan aksi wisata pantai dan bersih-bersih lingkungan di sepanjang pantai Ketawang Indah. Para pelajar ini diajak bersyukur dengan menikmati alam. Para pelajar Kelas XII pun antusias dengan kegiatan bersih-bersih pantai, mereka melakukan aksi susur pantai dan membersihkan sampah di sepanjang pantai.

Rencananya malam ini, usai magrib para pejalar pulang kembali ke Jogja, kembali ke sekolah dan pulang ke rumah masing-masing. Diperkirakan sampai ke sekolah pada Pukul 21.30 waktu setempat. Ada nilai lebih yang ingin disampaikan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, selain mengantisipasi tindakan-tindakan yang kurang bermanfaat, sekolah ingin membangun kharakter berkemajuan pada diri siswa yang peka terhadap  keadaan sosial dan lingkungan lingkungan hidup. Selain itu juga untuk memperat ukhwah diantara keluarga SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (sp/red).