Tiga Aktivis Muhammadiyah Terpilih Menjadi Komisioner KPU Pusat

Arief Budiman, Pramono dan Ilham (Foto: Istimewa)

SangPencerah.id– Untuk menyeleksi Komisioner KPU 2017-2022, Komisi II DPR menggunakan mekanisme pemungutan suara, akhirnya ditetapkan 7 anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu yang terpilih.
Pemungutan suara digelar di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017) dini hari. Setiap anggota memasukkan surat suara dalam kotak yang telah disediakan.
Sesi pertama dilakukan pemungutan suara anggota Bawaslu. Sementara, sesi kedua pemungutan suara anggota KPU. Pemungutan suara sendiriĀ  selesai sekitar pukul 04.00 WIB.

Seleksi anggota KPU-Bawaslu digelar usai uji kelayakan dan kepatuhan sejak Senin (3/4). Hari pertama menguji 14 calon anggota KPU dan hari kedua menguji 10 calon anggota Bawaslu.

Berikut 7 nama komisioner KPU terpilih:
1. Pramono Ubaid Tanthowi 55 suara
2. Wahyu Setiawan 55 suara
3. Ilham Saputra 54 suara
4. Hasyim Asy’ari 54 suara
5. Viryan 52 suara
6. Evi Novida Ginting Manik 48 suara
7. Arief Budiman 30 suara

Berikut 5 nama komisioner Bawaslu terpilih:
1. Ratna Dewi Pettalolo 54 suara
2. Mochammad Afifuddin 52 suara
3. Rahmat Bagja 51 suara
4. Abhan 34 suara
5. Fritz Edward Siregar 33 suara

Dari daftar nama-nama diatas, beberapa diantaranya adalah kader Muhammadiyah. Pramono Ubaid Tanthowi merupakan aktifis IPM dan IMM yang sekarang aktif di Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik. Selain itu, ada Arief Budiman dari Jawa Timur. Diantara deretan daftar organisasi yang pernah dilalui pria asal surabaya ini, satu diantaranya adalah Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PWM Jawa Timur.

Ilham Saputra, aktif di Pemuda Muhammadiyah, Wakil Ketua bidang hikmah, hukum dan hubungan antar lembaga Tahun 2006-2010. Saat ini juga masih aktif di Majelis Hukum, Kebijakan Publik, Hikmah dan HAM PWM Aceh periode 2016-2021.

Adapun Ratna Dewi, salah satu komisioner di Bawaslu, berdasarkan informasi dari nasumber yang enggan disebut namanya, mendapat rekomendasi dari PW Aisyiyah Sulawesi Tengah.

Kepada redaksi SangPencerah.id, Ilham Saputra bersyukur bisa mendapatkan amanah ini. Aktivis demokrasi ini meminta do’a dan dukungan seluruh masyarakat agar bisa menjalankan amanah ini dengan baik. (sp/red)