Raih Akreditasi A, UHAMKA Bangun Kampus Terbesar di Asia Tenggara

SangPencerah.id- Tidak lama lagi, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) akan membangun kampus baru di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor. Kampus yang menempati lahan seluas 80 hektare itu akan menjadi perguruan tinggi terbesar dan terluas di Asia Tenggara.

”Uhamka akan hadir untuk seluruh umat. Kami juga berupaya mengembangkan dunia pendidikan yang bisa dinikmati semua orang. Agar bisa mengakomodir mahasiswa yang memang ingin menimba ilmu,” terang Dewan Pembina Uhamka, Prof Dr Dadang seperti direlease Indopos, Minggu pertengahan maret yang lalu.

Dia juga mengatakan, pembangunan Uhamka di Jonggol, Kabupaten Bogor akan jadi kampus terpadu. ”Kampus terpadu di Jonggol itu nantinya akan dilengkapi dengan asrama mahasiswa,” katanya juga. Dia juga mengatakan, proses perizinan kampus itu tengah diurus, termasuk tim teknis dari Uhamka sudah survey ke lokasi.

”Untuk pembangunan gedung tahap awal  direncanakan akan dimulai pada 2018 mendatang,” ujarnya lagi. Upaya pembangunan kampus terbesar di Asia Tenggara itu, juga diiringi mengembangkan program pendidikan baru. ”Dengan tugas dan amanah yang cukup besar ini semoga menjadi amal ibadah dan amal sosial kita semua. Sekaligus berkontribusi bagi kemajuan pendidikan bangsa,” tegasnya.

Dia menambahkan, Uhamka sebagai universitas Islam swasta dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menimba ilmu. Nanti pelayanan yang diberikan kepada para mahasiswa juga tidak kalah dengan universitas negeri, baik dari pelayanan akademik, administrasi, maupun fasilitasnya.

”Memperoleh pendidikan yang berkualitas tentu jadi dambaan setiap orang. Selepas lulus SMA/SMK para pelajar tentu memilih untuk melanjutkan kuliah. Nantinya, Uhamka bisa jadi pilihan,” tambah Dadang yang juga merupakan tokoh masyarakat bogor timur ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Bogor, Lutfi Syam menyambut baik rencananya pembangunan kampus Uhamka terbesar di Asi Tenggara di wilayah Jonggol. ”Keberadaan Uhamka di wilayah Bogor Timur akan dapat membantu program pemerintah mencerdaskan warga,” terangnya.

Selain itu, katanya juga, kualitas pendidikan Uhamka merupakan salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Tanah Air. ”Tentunya akan membantu meningkatkan SDM masyarakat Bogor yang selama ini masih lemah,” ujarnya juga. Menurutnya juga, di era kompetisi ini harus ada lulusan perguruan tinggi berkualitas yang mampu bersaing agar tidak memunculkan pengangguran baru.

”Saya sangat mengapresiasi niat baik pembangunan kampus Uhamka yang beritikad baik membangun kampus guna memfasilitasi dan meningkatkan pendidikan di Bogor,” paparnya.