Perkuat Jihad Kesehatan, Muhamadiyah Kalbar Membangun RS Unggulan

ilustrasi

SangPencerah.id– Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalbar menggelar Rapat Pimpinan Wilayah yang dihadiri juga perwakilan dari Pengurus Pusat dan 14 Kabupaten Kota se Kalbar.

Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Kalbar, Pabali Musa, menuturkan bahwa Rekerpimwil yang dilangsungkan ini juga bersamaan dengan, Musyawarah Wilayah Nasyiatul Aisyiyah XI Kalbar, Rapat Koordinasi Lembaga Dakwah Khusus PWM Kalbar, serta dilangsungkan juga pelantikan Rektor dan Dekan dilingkungan UMP.

Dikatakan Pabali, bahwa sebenarnya program kerja sudah ada tinggil saat ini berkoordinasi dan memfokuskan apa yang harus dilakukan dalam waktu setahun kedepan. Sedangkan program kerja sudah tertuang dalam muktamar.

“Program itu sudah ada sejak dari muktamar juga sudah disusun. Cuman kita ingin memfokuskan kembali yang mungkin kita wujudkan tahun ini. Jadi memang lebih ke koordonasi dan sinkronisasi program, wilayah dan daerah,” terang Pabali Musa, yang juga merupakan mantan wakil bupati Sambas ini, Sabtu (15/4/2017).

Dikatakannya saat inj untuk pengurus wilayah program fokusnya tahun ini akan mendirikan rumah sakit. Bahkan ditegaskannya itu bukan dalam arti konsef tapi sudah ke realisasinya.

Sedangkan lahan pembangunan rumah sakit direncanakan dan diprioritaskan di Jalan Ampera. Karena dianggap tempat stategis.

Untuk dana awal pembangunan dikatakan Pabali Misa disiapkan sekitar Rp 10 milyar dan koordinasi juga dengan perguruan tinggi di luar Kalbar.

“Saat ini modelnya klinik tumbuh dan bangunan lantai 4. Seiring berjalan waktu maka akan terus ditingkatkan, sehingga menjadi rumah sakit yang berkelas dan berkualitas baik,” katanya.

Selanjutnya disampaikn juga bahwa Muhammadiyah Kalbar ingin membesarkan klinik-klinik yang ada saat ini terutama klinik yang ada di Singkawang.

“Untuk pengembangan bidang pendidikan kita terus meningkatkan yang ada saat ini. Selain itu juga sedang fokus mendorong Akademi Kebidanan Aisyiyah untuk menjadi Sekolah Tiggi ilmu kesehatan. Sehingga bisa banyak prodinya,” harap Pabali Musa.

Selain itu dijelaskannya juga bahwa Konsep dakwah Muhammadiyah juga saat ini sedang fokus membina dai-dai pedalaman Kalbar.

Baca juga (Makna Mendalam  Dibalik Kemegahan Menara Masjid Muhammadiyah Kalbar)

“Kita juga sekaligus mencerdaskan masyarakat dan menciptakan masyarakat yang kondusif. Saat ini kerukunan yang sangat baik di Kalbar maka terus ditingkatkan dan fokus meningkatkan IPM yang ada,” jelasnya.(sp/tk)