Dr. H. Abdul Mu’ti M. Ed: Saya Bangga Dengan Tapak Suci Mesir

Sangpencerah.id – Tapak Suci (TS) Putera Muhammadiyah Wilayah Mesir mendapatkan kunjungan dari sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed. Beliau melihat latiha Tapak Suci yang sedang pelatihan di lapangan Pusat Kebudayaan Indonesia (Puskin) KBRI Cairo.

Beliau memberikan dorongan dan motifasi kepada anggota tapak Suci. Beliau menyatakan kebanggaannya bahwa Tapak dengan turut bergabungnya orang-orang Mesir kepada Tapak Suci. Ini artinya bahwa tapak Suci diterima semua kalangan. Menurutnya, Tapak Suci bukan bela diri biasa. Ia adalah beladiri yang menekankan kepada akhlak dan Iman. Oleh karena itu, Tapak Suci memiliki motto “Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah”

Beliau sempat berdialog kepada para siswa. Dalam bincang-bincang ringan tersebut, beliau menanyakan tentang motivasi mereka bergabung dalam Tapak Suci. Menurut Sarah, salah seorang peserta asal Mesir yang saat ini duduk I bangku kelas 6 SD mengatakan bahwa Tapak Suci adalah beladiri istimewa. Ia menekankan pada etika dan akhlak islami. “Ini yang tidak ada di beladiri lain”, katanya.  “Tapak Suci mengajarkan kebersamaan.”

Beliau menyaksikan penampilan jurus-jurus silat dan permainan ganda yang dilakukan oleh dua anak mesir’; Yusuf dan Yasin. Meski baru kelas 3 SD, namun mereka sangat cakap dalam memainkan jurus-jurus tapak Suci. Beliau berharap agar Tapak Suci di Mesir semakin berkembang dan membawa nama besar Muhammadiyah.

Menurut Roni Irawan, pelatih Tapak Suci di Mesir bahwa jumlah anggota Tapak Suci asli Mesir berjumlah 400an orang. Mereka berlatih di Puskin dan beberapa tempat olah raga di Cairo. Menurutnya, peminat Tapak Suci semakin hari semakin banyak dan dikenal oleh masyarakat Mesir. Jeka tahun 2011, tapak Suci melakukan kerjasama dengan Puskin KBRI Cairo untuk mengembangkan silat dengan sasaran orang-orang Mesir.