Sukses Subuh Berjamaah, SMAM 10 Galakkan Gerakan Puasa Sunah

SangPecerah.id– Meskipun belum menunjukkan trend kenaikan yang segnifikan, nilai para pelajar Muhammadiyah Boarding Area Sport Art and Sains SMAM10 bangga terhadap agamanya, PR IPM SMA Muhammadiyah 10 Surabaya yakin bahwa siswa-siswi sudah bergerak ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktu dalam kebanggannya terhadap agamanya. Itu terbukti telah berjalannya program “Pelajar Sholat Subuh Berjama’ah”. Sedangkan saat ini Pimpinan Ranting IPM SMAM10 telah menggagas program baru *” Gerakan Puasa Senin Kamis”* (GPSK)

Melalui kegiatan GPSK, yang dilaksanakan pada Senin (28/2) di Kampus Reguler SMAM10, sudarusman kepala sekolah dihadapan para pengurus Ranting IPM, dan pembinanya menyampaikan bawah inisiatif IPM melakukan kegiatan yang mengarah pada ranah spiritual sangat memberikan apresiasi yang sangat dalam. Namun perlu diingat untuk membuat para pelajar bangga terhadap agamaya perlu inisiatif dan tekad yang luar biasa dari semua stakeholder sekolah untuk memberikan keteladanan hal-hal yang berhubungan hal-hal hukum beragama.

“Oleh karena itu, para pengajar dalam memberikan pengetahuan dituntut untuk selalu berpijak dari kitab suci Al-Quran. Begitu pula, tentang pembelajaran  yang autententik dalam alam nyata baik dalam bentuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam maupun Ilmu Pengetahuan Sosial  harus tetap  menggunakan landasan Al-Quran sebagai kebenaran yang sesungguhnya. Bahkan sebagai pendidik harus menginpirasi dan memotivasi siswa – siswinya untuk kembali melirik ayat-ayat kauniyah sebagai pijakan, dengan harapan para pelajar semakin yakin kebenaran Al-Qur’an dan bangga dengan agamanya,” ungkapnya.

Salah satu yang menarik pada pembinaan ranting IPM saat itu. Bukan pada acara buka bersamanya yang menarik perhatian kami, melainkan keberanian para peserta untuk bertanya. Hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai Kepala Sekolah. Salah satu siswa bertanya, ” mohon dijelaskan dalil dari pada  puasa Senin dan Kamis? Tanya peserta
“Nabi menganjurkan untuk melakukan puasa di hari Senin dan Kamis itu, karena di hari hari itu amal-amal manusia dilaporkan sehingga Nabi suka di hari laporan itu dalam kedaan berpuasa. Hal ini didasarkan kepada hadis sebagai berikut” jawab kepala sekolah

Sedangkan dikesempatan lain Kepala SMAM10  pada acara pembinaan  pengurus Ranting IPM bersama Pengurus komunitas,  memberikan masukan pada siswa – siswi yang saat itu ikut melaksanakan buka bersama agar yang telah di lakukan saat ini dapat dipertahankan bahkan kalau mungkin bisa muncul inisiatif bangga terhadap agama pada kegiatan yang lain diantaranya peduli orang lain.
Ia mengharapkan ada kerja sama antara ranting IPM SMAM10 dengan ranting maupun Cabang IPM yang lain untuk mewujudkan pelajar bangga terhadap agamanya “sebagai pengurus harus memiliki kemauan keras, keberanian serta pengetahuan yang cukup” tambah Sudarusman. (sp/red)

Kotributor : Azmi Izudin