Seminar SD Muhammadiyah, Sandiaga Bercerita Tentang Nama “Salahuddin”nya

Foto : Andika Prasetya (dtk)

SangPencerah.id- Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendapat kesempatan sebagai pembicara dalam seminar parenting yang diselenggarakan SD Muhammadiyah 06. Dalam seminar, Sandiaga berkisah mengenai makna nama tengahnya, yakni Salahuddin.

Nama Salahuddin berasal dari nama pejuang muslim di perang salib yakni Salahuddin al-Ayyubi. Sandiaga menceritakan soal sikap kepahlawanan Salahuddin saat berperang melawan Raja Richard ‘The Lionheart’.

(Baca : Anis Baswedan : Saya Menjadi Bagian Keluarga Muhammadiyah)
“Salahuddin tahu, rupanya Richard sedang sakit demam, tidak turun ke medan laga. Apa yang dilakukan Salahuddin? Dia mengunjungi untuk mendatangi tenda Richard dan mendoakan agar diberi kesembuhan,” ujar Sandiaga di Hotel Alia Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (5/3/2017).

Sandiaga bercerita bagaimana Salahuddin bersikap sportif dalam pertempuran. Sandiaga menjelaskan bahwa Salahuddin enggan membunuh Richard The Lionheart ketika terjatuh dari kudanya dengan alasan sportivitas.

“Oleh sebab itu, ayah saya menginspirasikan nama itu di nama tengah saya agar menginspirasi,” kata Sandiaga.

(Baca juga: Dua BPH PT Muhammadiyah, Bertarung di Pilkada DKI Jakarta )

Sandiaga juga berkisah soal yang diberikan dari kedua orangtuanya. Sang ibunda, Mien Rachman Uno dikenang Sandiaga sebagai sosok yang tegas.

“Setiap melakukan kesalahan, ada PHK (Pemutusan Hubungan Kasih), ibu kalau marah kita akan di-PHK. Ibu itu kalau marah nggak cengengesan,” jelas Sandiaga.

Seminar ini juga dihadiri oleh Neno Warisman. Di akhir penyampaiannya, Sandiaga menjelaskan bagaimana kedua orangtuanya membagi tugas untuk mendidik anak-anaknya.

“Dalam good parents, seorang ibu dan bapak harus membagi tugas yang jelas. Orang tua saya memiliki GBHK (Garis Besar Haluan Keluarga). Ayah saya, misalnya lebih mendidik masalah loyalitas, ibu saya ke masalah value,” tutup Sandiaga.(sp/dt)