Musywil Sangat Teduh dan Gayeng, Kader Blora Pimpin IPM Jateng

Ketua IPM Jateng Terpilih (bawah paling kanan) bersama Keluarga IPM

SangPencerah.id– Musyawarah Wilayah IPM Jateng ke-XXII digelar di SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal  3-5 Maret. Musywil ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmiko.

Musywil ini berlangsung sangat teduh dan gayeng, tak ada permusuhan dan kompetisi secara liar. Semua berlangsung penuh dengan keteladanan.

Wakil Gubernur Jateng pun mengapresiasi penyelenggaraan Musywil pelajar berkemajuan ini, menurutnya musyawarah di Pelajar Muhammadiyah ini dapat dijadikan contoh bagi musyawarah yang lainnya.  Semua berjalan sangat baik, patuh dengan aturan dan sistem, tak ada kegaduhan. Proses regenerasi dan suksesi berjalan damai,  sehingga dapat menjadi pelajaran bagi yang lainnya.

Pada proses penentuan Ketua PW IPM Jateng, diawali dengan penetapan 20 kader terbaik yang akan menjadi pemimpin IPM Jateng. Dihadapan peserta dan penggembira Musywil, 20 calon ini tidak hanya menyampaikan visi dan misi, tetapi juga diuji dengan membaca kitab suci Al Qur’an.

Setelah dipilih melalui sistem E-Voting, terpilihlah 9 calon dengan perolehan suara tertinggi.  Jumlah pemilih dalam DPT mencapai 450 orang, sedangkan mereka yang menggunakan hak pilih sebanyak 439 orang.  Berikut 9 calon dengan perolehan suara tertinggi:

  1. Ahmad Basyiruddin (3) – PW IPM Jateng : 90,6% ; jumlah suara 408
    2. Affan Wazar Ahmad (1) – PW IPM Jateng : 79,5% ; jumlah suara 358
    3. Muhammad Iqbal (10) – PD IPM Kab. Pekalongan : 78,4% ; jumlah suara 353
    4. Rizki Yakaria Novandi (18) – PD IPM Kota Pekalongan : 78,2% ; jumlah suara 352
    5. Rahman Wibowo (16) – PD IPM Kab. Kendal : 78% ; jumlah suara 351
    6. Monica Subastia (8) – PD IPM Kab. Magelang : 66,6% ; jumlah suara 300
    7. Puput Pertiwi (15) – PD IPM Kab. Banyumas : 64,6% ; jumlah suara 291
    8. Rifki Sholihatun (17) – PW IPM Jateng : 64,2% ; jumlah suara 289
    9. Taufiq Al Muhajirin (19) – PD IPM Kab. Magelang : 62,4 ; jumlah suara 281
    .
Pidato Pertama Ketua PW IPM Jateng

Setelah melalui musyawarah yang damai, maka ditetapkanlah Ahmad Basyiruddin sebagai Ketua IPM Jawa Tengah.  Ahmad merupakan kader Muhammadiyah dari Kedungtuban Blora,  ia mengenyam pendidikan di  MI Islamiyyah  Pulo Kedungtuban,  SMP Muhammadiyah Kedungtuban, SMK Negeri 1 Blora  dan kini menempuh pendidikan di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jenjang pengkaderan ia awali dari PR IPM SMP Muh Kedungtuban,  PC IPM Kedungtuban,  PD IPM Blora hingga PW IPM Jawa Tengah di Tahun 2015-2017. Ia pun aktif di Pesantren Mahasiswa Mas Mansyur Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lia, kader militan IPM yang juga pengurus Bidang Adavokasi PW IPM Jateng 2015-2017 mengaku bangga dan bersyukur dengan terpilihnya Ahmad. Ia pun berharap IPM Jateng semakin progresif dan terus bergerak dengan nalar-nalar kreatif pelajar berkemajuan. Terpilihnya Ahmad Basyiruddin juga memberi bukti bahwa Blora, khususnya Kedungtuban selalu produktif dalam melahirkan kader-kader berkemajuan.

Terpilihnya Ahmad Basyiruddin yang dari Blora mengingatkan kembali  pada sosok Muh.Mudzakkir, MA  (Majelis Dikdasmen PWM Jatim) yang juga dari Blora dan menjadi Ketua Umum PP IPM periode 2006-2008. (sp/red)