Membanggakan, Puluhan RS Muhammadiyah-‘Aisyiyah Terakreditasi Bintang Lima

RSU Fastabiq PKU Muhammadiyah Pati

SangPencerah.id-Akreditasi Paripurna atau Bintang Lima merupakan prestasi istimewa yang telah diraih rumah sakit setelah melalui beberapa tahapan penilaian. Untuk mendapatkan Akreditasi Paripurna bagi rumah sakit tidaklah mudah. Sebab pihak rumah sakit harus memperbaiki dan membenahi pelayanan kepada para pasien, terutama keselamatan para pasien secara optimal.

Kementerian Kesehatan RI menetapkan penilaian sebuah rumah sakit untuk mendapatkan akreditasi ini, didasarkan pada standar  pelayanan rumah sakit yang fokus kepada pasien, standar manajemen rumah sakit, patient safety goals dan sasaran MDGs. Adapun standar pelayanan yang fokus kepada pasien, terdiri dari akses kepada pelayanan dan kontinuitas pelayanan, hak pasien dan keluarga, pelayanan pasien, pelayanan anestesi dan bedah, manajemen dan penggunaan obat. Sedangkan standar manajemen rumah sakit, terdiri dari peningkatan mutu dan keselamatan pasien, pencegahan dan pengendalian infeksi, tata kelola, manajemen fasilitas dan keselamatan.

Hingga Awal Maret 2016 ini, Puluhan Rumah Sakit dibawah naungan MPKU Muhammadiyah dan Aisyiyah telah terakreditasi bintang lima atau paripurna. Dokter Absor, Ketua MPKU PWM Jawa Timur menjelaskan bahwa hingga saat ini 8 rumah sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah telah terakreditasi Bintang 5.  Delapan rumah sakit ini yakni : RS Muhammadiyah Lamongan, RS Aisyiyah Bojonegoro, RS Muhammadiyah Ponorogo, RS Aisyiyah Ponorogo, RS Aisyiyah Malang, RS Aisyiyah Sepanjang, RS Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kota Kediri dan RS Siti Aisyah Kota Madiun. Sedangkan yang lain telah lulus tingkat perdana.

Tak kalah dari Jawa Timur, Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah di Jawa Tengah dan DIY juga telah banyak yang terakreditasi paripurna. Ust.Subur Yuswanto, Wakil Ketua MPKU Jawa Tengah menjelaskan bahwa berkat kerja keras seluruh elemen rumah sakit, rumah sakit-rumah sakit dibawah naungan MPKU Jateng sudah banyak yang terakreditasi paripurna. Rumah sakit tersebut antara lain: RS PKU Muhammadiyah Sruweng, Kebume, RS PKU Muhammadiyah Surakarta, RS Roemani Muhammadiyah Semarang, RS Islam Weleri Kendal, RS PKU Muhammadiyah Wonosobo, RS PKU Muhammadiyah Temanggung, RS Fastabiq PKU Muhammadiyah Pati, RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, RS PKU Muhammadiyah Boyolali dan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan.

Adapun di DIY RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan RS PKU Muhammadiyah Gamping juga telah lulus paripurna. Di DKI Jakarta Rumah Sakit dibawah naungan Muhammadiyah yakni RSI Cempaka Putih dan RSI Pondok Kopi Jakarta Timur.

(baca : Warga Persyarikatan Wajib Mendukung Pendirian 1000 Klinik? )

Selain rumah sakit-rumah sakit ini, masih banyak rumah sakit milik Muhammadiyah lainnya yang sudah terakreditasi di berbagai tingkatan.  Dengan akreditasi, hasil ini memberikan bukti bahwa rumah sakit-rumah sakit milik Muhammadiyah semakin terpercaya. Muhammadiyah bukan hanya berjuang untuk memperbanyak jumlah amal usaha kesehatan, tapi juga dibarengi dengan peningkatan akan kualitas pelayanan. (sp/red)